Kunjungan kami ke Singapura dilakukan tahun 2011, sudah lama, keberangkatan ke luar negeri pertama dan sangat tidak pengalaman bagaimana berlibur di negara orang. Jadi, yang kami lakukan di sana adalah sebatas menikmati setiap perjalanan. Mengingat setiap jalan dan hal-hal penting untuk dibagikan di blog-pun tidak punya karena saat itupun takterfikir untuk berbagi. Oleh karenanya, sekarang mau menulis tentang ingatan yang ada saja. Salah satu tempat yang dinikmati oleh dua ponakan kami adalah MINT Museum of Toys (Moment of Imagination and Nostalgia with Toy).

MINTDari namanya saja sepertinya sudah terbaca bahwa musium ini dibangun untuk memanjakan pengunjung dengan kenangan-kenangan masa kecil melalui berbagai macam mainan. Saat kami berkunjung ke sana, sebagaian besar yang ada di museum adalah koleksi figure. Di website musium diinformasikan bahwa di sini terdapat lebih dari 50.000 koleksi permainan yang meliputi koleksi klasik, koleksi permainan yang sudah sangat jarang ditemukan, dan juga berbagai permainan unik dan merupakan koleksi sejenis yang terbesar di Asia Tenggara. Semua koleksi permainan yang ada di musium milik pribadi ini dikumpulkan dari berbagai negara, dan disebutkan berasal lebih dari 40 negara.

Musium ini terdiri dari beberapa lantai dan setiap lantai memiliki tema tersendiri. Berhubung ini perjalanan 2011 dan kami tidak punya catatan khusus, dengan sangat terpaksa tidak bisa membagikan isi setiap lantai, yang gw pribadi ingat adalah ada lantai yang khusus menjual beberapa koleksi mereka dengan harga yang sesuai. Selain itu, di satu lantai ada koleksi beberapa tokoh utama serial Petualangan Tintin dengan ukuran tidak lebih tinggi dari 1,5 meter. (Yang paling diingat hanya tokoh kesukaan Yuna).

MINT2Oh yah, satu lagi yang membekas adalah koleksi kelereng (gundu) yang ditulis berasal dari Sumtera pun ada dipajang, bayangkan, padahal permainan itu masih dimainkan oleh Abang Aldo sampai sekarang bila musimnya datang.

MINT3Secara keseluruhan museum ini sangat menarik baik buat anak-anak dan orang dewasa. Buat anak-anak karena permainan adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari mereka, sedangkan buat orang dewasa, museum ini membawa kita ke masa yang paling menyengkan di mansa kita dan permainan susah dipisahkan, atau bahkan sampai sekarang?

Informasi musium:

Lokasi              : 26 Seah Street, Singapore 188382

Jam Buka        : Senin – Minggu; 9.30 – 18:30, masuk terakhir 17:30; Malam Tahun Baru Cina 9:30 – 16:00

Libur bersama : Tahun Baru Cina (hari I & II)

Biaya masuk    : Dewasa 15 SGD, manula 7.50 SGD; Anak-anak di bawah 2 tahun bebas biaya masuk.

Web museum