Bahasa Indonesia mengambil alih dari sini. ๐Ÿ™‚

Saat peralihan musim semi ke musim panas tahun 2017 ini, aku sedang berkunjung ke Seoul selama 1 bulan.ย  Di peralihan musim itu, hampir setiap akhir pekan, cuaca di Seoul cerah, membuat aku dan teman-teman tidak betah untuk tetap berada di dalam ruangan, walaupun kondisi keuangan tidak mendukung. Jadilah, berbagai macam ide-ide cemerlang muncul untuk bisa tetap beraktivitas di luar ruangan. Beberapa yang paling favorit akan muncul dalam hitungan detik. ๐Ÿ˜€

Berkeliling dan selfie sepuasya di Ihwa Mural Village

Ini musti banget. Kita hanya mengeluarkan dana untuk biaya subway dengan berbekal cemilan dan air minum dari rumah. Selain ber-selfie ria, terutama di tempat-tempat yang ditandai dengan lokasi pengambilan gambar beberapa drama Korea, berkeliling Ihwa Mural Vilage ini juga memaksa kita untuk berolah raga ringan, terutama untuk sampai di beberapa puncak yang menawarkan pemandangan indah kota Seoul. Hanya saja, bagi yang tidak suka keramaian, di akhir pekan lokasi ini sangat penuh dengan pengunjung.

P1050166Oh ya, aku berusaha untuk selalu mengingatkan bahwa setiap kali mengunjuki tempat semacam Ihwa Mural Village ini, kita harus menjaga kenyamanan penduduk setempat karena mereka juga butuh privasi dan ketenangan. Karena dari info yang aku terima, mereka mengecat polos kembali beberapa lokasi yang terkenal, berkaitan dengan kegaduhan yang ditimbulkan oleh pengunjung dan membuat mereka tidak nyaman. Uh, sayang bangetkan lokasi yang seharusnya bisa diunjungi dengan gratis untuk bersenang-senang dan berekspresi ditutup aksesnya karena kita sendiri.

Ini ada 7 cara menikmati Ihwa Mural Village versi Senang-senang Yuks. ๐Ÿ™‚ โค

Jalan-jalan di Seoullo 7017

Ini terbaru di Seoul. Sudah di bahas sebelumnya. Beberapa aktivitas dengan budget pas-pasan bisa dilakukan di sini.

Olahraga di lapangan gratis

Satu hal yang asik tentang Seoul dan mungkin di seluruh kota-kota di Korea Selatan (sejauh yang sudah aku kunjungi) adalah banyaknya fasilitas olahraga umum bertebaran di setiap sudut-sudut jalan dan gratis.

IMG_2440Sebenarnya ini bisa dilakukan kapanpun ada waktu kosong, tetapi buat yang gak suka olahraga sendiri, mungkin bisa mencoba di saat akhir pekan, saat ramai. Olahraga paling sederhana biasanya di lakukan adalah jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan dengan hewan peliharaan seperti yang paling sering aku dan teman-teman lakukan.

IMG_2381

Oh yah, saat itu, sempat melihat banyak kegiatan kelompok skateboard di lapangan luas di salah satu daerah pemukiman di Seoul.

IMG_2442Cuci Mata ke Gwanghwamun Plaza

Ini sepertinya sudah sering dibicarakan bahwa ada pasar khusus akhir pekan di Gwanghwamun Plaza yang umumnya diiringi degan berbagai macam kegiatan disekitarnya.

P1050283Teman aku pernah mengadakan โ€œEye contact contestโ€ di Gwanghwamun Plaza saat akhir pekan. Terdengar tidak biasa, tetapi cukup menambah pengalaman.

P1050297Ke Seoul Forest

Seoul Forest itu sejauh pengalamanku, yang terbaik dikunjungi saat musim gugur, terutama masa puncak saat dedaunan berganti warna menjadi kuning, merah, keemasan, atau coklat. Tepat sebelum mereka rontok.

P1080897Saat akhir pekan, selain banyak yang berolahraga ringan di hutan buatan yang indah dan cukup luas di tengah kota Seoul itu, banyak yang menggelar tikar dan bersantap berbagai macam makanan khas piknik di Korea.

P1080893Tapi untukku dan teman-teman, selain untuk berfoto-foto ria, kami hanya berkeliling, menikmati pemandangan alam dan berbagai kegiatan, sambil menggerakkan badan melawan hawa dingin musim gugur yang cukup menyenangkan.

P1080884Piknik di tepi Sungai Han

Save the last for the best. Waktu pertama ke Seoul, hal yang paling aku ingin lakukan adalah membungkus berbagai macam makanan danย  minuman, untuk kemudian piknik di tepi sungai Han. Hanya saja, ini tidak berhasil sampai musim semi tahun ini. Dan ternyata, ini adalah aktivitas idola di akhir pekan untuk warga Seoul sendiri. Aku bahkan kenal beberapa orang Seoul yang hampir setiap akhir pekan piknik di sepanjang tepi Sungai Han dengan berbagai kelompok kegiatannya.

IMG_2512Nah untuk yang satu ini, sangat menyenangkan dilakukan dengan orang-orang terdekat. Biasanya ada tim khusus yang datang lebih awal dari teman-teman lain, untuk mencari posisi yang mantap karena di akhir pekan akan sangat padat.

Biasanya lagi, setiap orang membawa makanan sendiri-sendiri untuk kemudian di makan bersama-sama, tetapi tak perlu khawatir bila tidak punya ide saat bersiap-siap di rumah, karena banyak sekali yang bisa dipesan secara online dan dikirimkan ke lokasi piknik ini. Tapi ya itu tadi, berhubung dana terbatas, aku lebih suka mempersiapkan dari rumah, atau membawa tambahan makanan seperti kimbab dan cemilan mengenyangkan lainnya, yang harganya terjangkau. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

IMG_2528Yang pasti tidak mengurangi indahnya berbincang berbagai hal, dari yang penting sampai yang gak banget, dengan orang-orang terdekat, ditemani dengan hembusan angina menyegarkan di setiap musim di Seoul.

Note : musim favoritku adalah musim gugur. โค

Sebenarnya aku masih punya beberapa tempat dan aktivitas lain, tapi untuk saat ini yang mau aku bagi cukup 6 hal di atas dulu.

Selamat berakhir pekan!!

Advertisements