Nyamannya Berkeliling Spanyol dengan Bis

Let’s have a break for all the spring at the southern hemisphere and all the beauty color of autumn at northern hemisphere. I’ll go Spain.

Ini sudah agak lama sebenarnya aku mau bagi, tentang berpindah dari satu kota ke kota lainnya di Spanyol dengan bis. Gak banyak memang kota yang aku datangi saat menghabiskan 1 bulan usia di Spanyol, dan hanya menyisir bagian timur Negara itu, hingga Madrid. Namun  pengalaman dengan bis menurutku cukup menyenangkan. Selain harganya yang relatif murah dibandingkan moda angkutan lainnya (dapat istilah ini dari nyiontek tulisan dosen).

Kata nyaman mungkin terdengar begitu subjektif, apalagi dari kami, penghuni pulau Kalimantan yang jalan dari satu kota ke kota lainnya dengan bisa sangat berliku, bahkan lebih berliku dari kehidupan ini, terkadang berkelok tajam ditemani jurang-jurang curam yang berbatas seadanya, atau bahkan sudah reyot, sisa kecelakaan sebelumnya. Belum lagi ditambah lubang  parah (eaa jadi curhat). Ada lagi tambahan usia angkutan bis yang biasanya sudah ada jauh sebelum aku lahir. *wow tua banget untuk bis*.

Apapun itu yang mempengaruhi penilaianku, berikut akan aku bagikan ringkasan perjalanan dengan bis antar kota selama di Spanyol.

Kemungkinan ada beberapa peusahaan bis di Spanyol, tetapi yang paling populer dan mendominasi adalah ALSA, bis ini menjangkau sampai ke desa-desa kecil. Cara pemesanannya pun mudah, bisa secara langsung beli di mesin penjual otomatis yang biasanya ada banyak jumlahnya di setiap terminal antarkota, atau juga secara online yang menyediakan layanan berbahasa Inggris, tanpa ribet. Oh ya, ini bukan endorse yah.

Jalur Barcelona – Girona – Barcelona (16 April 2017)

Saat sudah tiba di Barcelona, menurut aku perlu untuk bertandang sebentar ke Girona, kota kecil yang berjarak hampir 100 km di timurlaut Barcelona. Girona ini menarik untuk kota tuanya dari abad Pertengahan dengan dominasi bangunan bergaya Gothic atau Romanesque. Belum lagi pengaruh kepopulerannya setelah muncul sebagai salah satu setting serial paling populer di dunia, “Games of Thrones”.

P1110403Akupun sebagai penggemar baru Game of Thrones, gak mau ketinggalan untuk ke sana. Tadinya aku memutuskan untuk tinggal semalam, tetapi ada saja hal yang membuat batal. Maka aku utuskan untuk bolak-balik dalam sehari karena aku juga hanya ingin menikmati keramaian di warisan dunia itu.

IMG_20171013_143409Saat itu aku membeli tiket PP langsung di loket, di terminal Barcelona Nord, sehari sebelumnya. Tidak masalah kita memilih jam berapa untuk pergi dan kembali dari Girona, asalkan masih berada di tanggal yang sama, dan jadual keberangkatan bis akan diberikan bersama tiket. Jadi perlu untuk memperhatikan jadual bis, dan pastikan mendapat kursi karena tidak ada nomor kursi saat memesan. Kita hanya perlu mengantri di terminal, walaupun sudah mengantri di bis terakhir di tanggal yang tertera di tiket, bisa dipastikan kita tidak diangkut bila kursi sudah penuh.

P1110391Biarpun kita membawa kursi plastik sendiri dan menawarkan diri duduk di lorong seperti bus antarkota Samarinda-Sangatta yang memberikan kursi plastic tambahan di lorong, atau duduk samping supir di musim mudik. 😀 😀

Barcelona – Girona Girona – Barcelona
Terminal Barcelona Nord Estació ďAutobusos de Girona
Harga tiket 22 € (return/PP) 14.5 € (single trip)
Jarak/durasi ± 115 km/1.50 hr ± 115 km/1.5 hr
Wifi

Sepanjang jalan kenangan, jalan dari Barcelona ke Girona sangat mulus dan luas dengan pemandangan kanan kiri yang dipenuhi dengan pemandangan alam segar, terutama saat mendekati Girona, banyak perkebunan dengan warna-warna musim semi-panas yang indah. Fasilitas “wifi” di bis sangat lancar, dan sinyalnya hilang tepat saat melewati batas kota Barcelona. Saat itu aku memilih pergi ke Girona dengan jadual paling pagi, selain ingin cepat tiba di Girona, untuk jadual pagi, pemberhentian bis hanya 2 kali yang salah satunya di Bandara Girona.

IMG_9499Jalur Barcelona – Granada (17 April 2017)

Ini adalah bagian perjalananku dari Barcelona ke desa kecil bernama Lobras. Hanya saja tidak ada bis yang langsung menuju Lobras. Aku harus berhenti dan membeli tiket baru di Granada. Walaupun sudah tau jadual bis dari Barcelona – Granada – Lobras, keraguanku akan ketepatan bis di Spanyol membuatku membeli tiket terpisah.

Terminal Barcelona Nord – Estació ďAutobusos de Granada
Harga tiket 78.5 € (one way)
Jarak/durasi ± 884 km/10 hr
Wifi no

Perjalanan dari Barcelona ke Granada ini sangat panjang walaupun tidak berliku. Sejauh yang aku ingat ini adalah perjalanan bis tejauh yang pernah aku tempuh. Di website ALSA disebutkan perjalanan akan ditempuh dalam 12 jam, tetapi saat itu, dari Barcelona ke Granada di tempuh dalam waktu sekitar 13 jam. Bis beberapa berhenti di beberapa kota seperti Valencia untuk menurunkan dan menaikkan penumpang, dan juga sekali berhenti untuk istirahat, tetapi tetap saja perjalanan ini panjang.

Untuk di bisnya kursi lumayan nyaman, buat yang tidak suka perjalanan darat yang panjang, sepertinya jalur ini tidak cocok. Tapi buatku jalur ini cukup aman dan nyaman. Dengan harga yang pantas untuk jarak sejauh itu.

Granada – Cadiar (18 April 2017)

Tujuanku sebenarnya ke desal lebih kecil lagi Cadiar, hanya saja tidak semua desa bagian dari Las Alpujjarra mempunyai pemberhentian besar, umumnya hanya pemberhentian seperti yang ada dalam kota, jadilah untuk menghindari terlewatkannya pemberhentianku, aku disarankan untuk berhenti di Cadiar.

Tidak seperti stasiun bis besar yang ada, jadual untuk ke Cadiar hanya ada dua atau tiga dalam sehari. Untuk yang memiliki waktu terbatas, sebaiknya memesan jangan di hari yang sama dengan rencanan perjalanan.

Terminal Estació ďAutobusos de Granada – Cadiar
Harga tiket 8.74 € (one way)
Jarak/durasi  km/10 hr
Wifi √ (charger)

Jalan dari Granada ke Cadiar cukup menyenangkan, terutama karena pemandangan yang khas. Jalan yang lumayan lebih sempit dari sebelumnya, dengan belokan-belokan yang lebih intens dan curam, sedikit membuat tidak bisa tidur. Tapi ini terbayar dengan suguhan pemandangan hijau (ini sebenarnya sama saja dengan lintas Kalimantan) yang berselingan dengan bangunan-bangunan kotak dengan satu warna cat, putih, atau sedikit selipan coklat tanah. Ya memang rumah-rumah di pedesaan yang berada di sepanjang Las Alpujjarra harus di cat putih.

Perjalanan dari Granada – Cadiar memiliki banyak pemberhentian, dan semuanya tergantung dengan jalur penumpang dalam bis tersebut.

Oh ya tambahan, bis yang aku tumpangi dari Granada ke Cadiar ini juga membuatku cukup terkesan dengan fasilitas free wifi-nya yang lancar jaya walaupun memasuki pedesaan dan ata charger di setiap kusir. Harga murah dengan fasilitas yang memuaskan si pecinta gratisan ini.

Lobras – Granada (7 Mei 2017)

Masa berlaku visa sudah diujung tanduk, aku harus meninggalkan Spanyol segera, sebelum ter-cyiduk. Tiketku melalui Madrid. Saat itu aku berhenti semalam di Granada, demi mendengar keindahan jejak asimilasi budaya dari Islam Moor dan Eropa.

Berhubung aku sudah sedikit lebih percaya diri dengan jalur kembali, aku memutuskan untuk puland dari terminal Lobras ke Granada, yang sebenarnya todak ada tanda-tanda terminal seperti yang lain. Hanya berupa satu sisi jalan yang lebih luas, dibuat seperti perhentian darurat. Untuk penduduk Lobras, mereka sudah tau bahwa itu adalah tempat berhentinya bis. Meskipun demikian, ketepatan waktu bis tetap sesuai dengan yang tercantum di tiket. Wuar biyasah.

Karena jalurnya sama dengan kedatangan, maka perhentian-perhentian bispun sama. PErbedaan waktu di jalan hanya dari selisih banyak persingahan. Perbedaanya hanya tiak ada charger seperti bis yang pertama, namun fasilitas wifi masih lancar.

Granada – Madrid (8 Mei 2017)

Jalur bis antar kota terakhirku di Spanyol. Perjalanan yang lumayan jauh juga, walau tidak sejauh jalur Barcelona-Granada. Dengan jalur tol yang luas dan mulus, perjalanan tentu nyaman dengan pemandangan sepanjang jalan yang dominan peternakan dan hutan. Selain sekali berhenti untuk istirahat dan mengisi perut, ada beberapa perhentian sebentar untuk penumpang di terminal besar.

Terminal Granada – Madrid Estacion Sur
Harga tiket 18.63 € (one way)
Jarak/durasi  km/ 5 hr
Wifi no

Berikut tambahan cara membeli tiket bis ALSA baik secara online maupun langsung di mesin pembeli otomatis.

Cara membeli tiket bis ALSA Secara online

Cara ini sangat gampang, terutama untuk yang punya kartu kredit. Masuk ke website resmi ALSA di sini. Layanan bahasa halaman utamanya tentunya bahasa Spanyol, untuk yang bisa Puji Tuhan banget, tapi yang ingin dalam bahasa Inggris bisa pilih di pojok kanan.

Berikut langkah-langkah membeli tiket bus ALSA secara online:

  • Masuk ke website resmi ALSA, pilih bahasa di pojok kanan atas

  • Pilih tujuan
  • Isi kolom dari dan ke mana
  • Isi kolom berikutnya sesuai gambar
  • Setelah keluar pilihan di atas, pilih jadual yang diinginkan, perhatikan di sebelah kanan, total harga
  • Tentukan fasilitas tambahan apa yang ingin kita gunakan saat berada dalam bis, waktu itu saya bahkan tidak memakai asuransi karena mempunya asuransi jalan yang meng-cover semua kegiatan travelling walau ujung2nya tidak. *nanti di cerita lain.
  • Setelah memilih “accept” langkah berikutnya mengisi identitas. Isi seperlunya saja.
  • Terakhir pilih jenis pembayaran, setelah pembayaran sudah dikonfirmasi, tiket akan dikirimkan ke email, tidak perlu sms, sangat mahal.
  • dan tiket siap dicetak.

Catatan: Jangan khawatir, supir bis memiliki catatan setiap penumpand dari dan tujuan.

Cara membeli tiket bis ALSA di mesin otomatis.

 

  • Datang ke terminal bis dan cari mesin penjual tiket otomatis dengan tulisan ALSA. Biasanya terdapat tidak hanya satu di setiap terminal.
  • Pilih lagi layanan berbahasa Inggris
  • Isi travel data mirip seperti di-online, tempat asal dan tujuan, dan tanggal
  • Setelah muncul gambar seperti di atas, pilih jadual
  • Masukkan identitas penumpang
  • Pilih kursi (ini gratis)
  • Lakukan pembayaran. Bisa dilakukan secara tunai.
  • Setelah pembayaran berhasil, tunggu tiket di cetak oleh mesin.
  • Selesai, selamat jalan-jalan.

Catatan untuk membayar dengan tunai:

Pastikan uang mulus. Kemulusan uang kertas penting karena aku beberapa kali memasukkan uang yang sedikit bekas terlipat, dikeluarkan kembali, walaupun tidak kumal. Dan untuk kartu kredit, aku mencuri-curi dengar dari  pengguna mesin sebelah, ada beberapa pembeli yang kartu kreditnya tidak bisa digunakan. Entah apa alasannya pastinya, tapi dia memastikan bahwa kartu kreditnay bisa digunakan di tempat lain di Spanyol. Entah mengapa.

Sampai di sini dulu pengalaman berkendara dengan bis. Ada saran lain atau bertanya, tolong isi di komentar.

Selamat berjalan-jalan dan bersenang-senang! ❤

11 Comments

  1. Waaah ini artikelnya bermanfaat banget. Kebetulan aku lagi pengeeeen banget ke Spanyol (dan Portugal kalau memungkinkan), dan lagi riset2 transportasinya.

    Cuma dengar-dengar dibandingkan negara Eropa lainnya, jadwal kendaraan di Spanyol lebih gak bisa diperkirakan ya kak?

    O iya, secara umum aman gak kak?

    1. Wah kalo Bang Bartz yang bilang begini, kami jadi tersipu malu. Amin terwujud Spanyol dan Portugal.

      Nah, kemren dengar2 begitu juga, tapi setelah di sana, jadualnya sesuai, kalo molor paling kmrin sempat 5 menit kedatangan dr tiket yang di Lobras itu, desa kecil. Tapi untuk yang ada terminalnya sejauh pengalaman, tepat waktu semua.

      Aman banget, jalan siang dan malam sudah pernah coba semua, yang bermalam di jalan juga aman. 🙂

    2. Aduh, jadi makin semangat nih buat kesana. Makasih banyak infonya kak. Kapan-kapan boleh ya aku nanya lagi, kalau perlu tambahan detail? 🙂

    3. Boleh banget. *penulis yg sama account beda, lagi belom bisa log-in di PC* 😀 selalu dengan senang hati menjawab pertanyaan. 🙂

  2. Sebenernya kalau lebih lama di spanyol.. bisa keliling2 tempat lain juga ya… ini baru sebagian kecil aja kan.. 😀
    Apakah memungkinkan road trip? hehe

    1. Bisa banget Geth, kalo 3-4 tahun yang lalu, 2 minggu mungkin aku udah bisa di 14 kota berbeda (sedikit lebay) kekekekeke. Mungkin banget. Eropa katanya enag road trip karna daratan semua. Kalo Spain iyah banget bisa, asal gak pengen ke pulau2 kecil yang masih bagian dari Spanyol yah. 🙂 😀
      Aku loh tadinya gak kepikira Spanyl, jadi jatuh cinta gini. *eaaa curhat*.

    2. Banyak, cowoq2nya (ini penting dan utama) kekekeke, campuran budaya Eropa dan Afrika Utara (terutama di bangunannya yah) aku suka banget, makanan, minuman, orang2nya lebih laid back. 🙂

Ngobrol yuks.. ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s