Santai ko! makassar tonji! kalau kamu dengar kalimat seperti ini yang mengaung lantang di tengah hiruk pikuknya lalulintas, berarti kamu sedang ada di ibukota provinsi sulawesi selatan, kota terbesar diwilayah Indonesia bagian timur atau kota metropolitan ke-lima diindonesia setelah jakarta, surabaya, bandung dan medan.

satu dari sekian pengalaman jalan-jalan dan senang-senang yang sangat-sangat menyenangkan. tahu kenapa?? jalan-jalan si-kakak kali ini GRATIS!! hahaha.. walopun yang lain juga sering gratis, tapi kali ini sangat berbeda! kebayangkan, lahir dari ibu suku toraja dan bapak seorang yang bersuku bugis bone, tapi nggak pernah benar-benar mengelilingi kota makassar, boro-boro keliling kota makassar, ke pantai losari yang kesohor itu nggak pernah, jadi ‘agak janggal’ yah rasanya, hehehe..

tapi kali ini beneran nggak mau rugi, begitu dapat tawaran liburan ke kota makassar, dalam hati sudah membulatkan tekad, HARUS SAMPAI PUAS, hahahha..

dan sebenarnya belum semua bisa dikunjungi, tapi setidaknya beberapa tempat berikut ini adalah tujuan wisata yang jangan sampai dilewatkan, saat kalian lagi dikota daeng ini, benar!! makassar keren abis!! budayanya, makanannya, masyarakatnya, prinsip hidupnya, kotanya, apalagi logat (cara bicara) suku makassar! ‘okkots’ gituloh..hahahha..

berikut tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi saat di makassar guys..

PANTAI LOSARI

pantai losarikatanya, jangan pernah ngaku-ngaku ke makassar kalau belum pernah menginjakkan kaki ditempat ini, salah satu tujuan utama wisatawan saat berkunjung di kota makassar,  meski tak berpantai tapi pantai losari ini merupakan tempat yang asik untuk dikunjugi, disini kita bisa melihat anjungan setiap suku yang ada di sulawesi selatan seperti bugis, makassar, toraja dan mandar.

BENTENG ROTTERDAM

rotterdam2biasa juga disebut fort rotterdam. merupakan peninggalan kerajaan gowa-tallo, dibangun oleh raja ke-9 pada tahun 1545, lalu disempurnakan kembali oleh raja ke-14. bila dilihat dari atas, benteng rotterdam ini berbentuk penyu yang sedang merangkak ke laut, penyu dipilih karena bisa hidup di darat dan di air,  seperti kerajaan gowa-tallo yang berjaya di di daratan dan dilautan. benteng ini dulunya merupakan tempat menyimpan rempah-rempah dan merupakan kawasan perdagangan yang ada dikota makassar, disebut-sebut juga sebagai tempat pengasingan pangeran diponegoro. waktu berkunjung ke benteng ini, dibuka mulai pukul 08.00 pagi – 18.00 sore, dan GRATIS, hehehe.

JL. SOMBA OPU

jl. somba apoweitssss, tempat ini adalah pusat oleh-oleh yang ada dikota makassar, bagi orang-orang perantau dari sulawesi selatan, bisa dibilang pantang melewatkan tempat ini. sekedar membeli kopi khas toraja atau minyak gosok tawon yang nggak kalah kesohor itu, semua ada disini.

BENTENG SOMBA OPU

somba opubenteng peninggalan kesultanan gowa ini dibangunoleh raja gowa ke-9 Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi Kallona pada abad ke-16, pada masanya tempat ini merupakan pusat perdagangan rempah-rempah dan pelabuhan. di benteng somba opu ini juga terdapat rumah-rumah adat dari suku-suku yang ada di sulawesi selatan, dan terdapat museum kesultanan gowa, yang menyimpan benda-benda bersejarah yang tetap terawat sampai saat ini, dan lagi-lagi untuk berkunjung ketempat ini GRATIS, bisa memberi sukarela bila ada.

TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG

bantimurungtaman nasional bantimurung ini berada di kabupaten maros, sekitar 45KM dari pusat kota makassar. luas taman nasinal ini 43.750 hektar dengan didominasi bukit kapur, air terjun dan gua. tempat ini ditemukan oleh ahli botani dari inggris, Alfred Russel Wallace. terdapat 250 jenis kupu-kupu disini. dan untuk memasuki kawasan taman nasional bantimurung, dikenakan biaya 20.000 rupiah.

PANTAI TANJUNG BIRA

tanjung birapantai tanjung bira terletak dikabupaten bulukumba, sekitar 200KM dari kota makassar, tapi jarak tempuh yang lumayan ini, sangat-sangat terbayar dengan pemandangan pantai yang disuguhkan oleh pantai tanjung bira. pantai berpasir putih yang halus bak bedak tabur dan warna air laut yang hijau kebiru-biruan akan sangat-sangat memanjakan mata dan hati, yakin deh!

sekian jalan-jalan si-kakak. buat kamu-kamu yang akan ke makassar bener deh, beberapa tempat diatas layak banget buat dikunjungi.

Advertisements