Ke Ujung Barat Indonesia, Aceh

Agustus 2016, akhirnya aku berkunjung ke Aceh untuk pertama kalinya dan entah kapan bisa kembali. Perjalanan ini adalah keputusan tiba-tiba, akupun beli tiket dua hari sebelum meninggalkan Medan, menghabiskan waktu sisa cuti, sebelum kembali masuk ke lapangan emas hitam di Kalimantan Selatan saat itu. Sebenarnya saat itu ada dua pilihan; antara Padang atau Banda Aceh, tetapi akhirnya kuputusakan untuk lebih dulu menulis โ€œYuna was hereโ€ di ujung barat Indonesia.

Ke Aceh gak lama, hanya 3 malam, tetapi cerita yang dibawa pulang mungkin cukup untuk bikin 13 belas artikel, atau lebih? ๐Ÿ˜€

Jadi, seperti liburan ke tempat-tempat lain, ke Aceh juga banyak hal yang membuat aku kagum dan kaget. Tetapi secara detail gak diceritakan sekarang. Sekarang untuk perkenalan pertama. Biasa, namanya pertama pasti hal-hal umum dululah yah yang di-expose.

Banda Aceh

IMG_6277Sudah taulah yah, ibukota Aceh ini sebagai salah satu pintu utama untuk menjelajah seluruh daerah provinsi yang menandai ujung barat Indonesia ini. Terutama dari jalur udara. Aku hanya menginap 1 malam di Banda Aceh karena tujuan utama adalah Pulau Weh, Sabang.

Mungkin banyak yang bisa dilakukan di Banda Aceh, tetapi berhubung aku saat itu bisa dibilang sekedar numpang lewat, Jadi gak bisa cerita banyak tentang tujuan wisata Aceh. Yang aku ingat betul adalah, setelah berhasil dapat penginapan murah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Ulee Lhee, yang menghubungkan Banda Aceh dengan Pulau Weh.

Jadi di Banda Aceh, sebenarnya bisa dibilang numpang lewat saat pergi dan pulang ke Pulau Weh. Tapi pastinya numpang lewat juga gak mau rugi, pertama datang, selain cari penginapan murah, aku langsung cari tempat minum kopi dan pastinya mie Aceh yang terkenal enak itu.

IMG_6263Saat kembali dari Pulau Weh menuju bandara Sultan Iskandar Muda, aku juga sempat mampir kebeberapa tempat dengan teman asli Aceh. Berhubung pengetahuanku tentang wisata Banda Aceh saat itu kosong banget, sampai sekarangpun masih sama sih, jadilah temanku mengusulkan mencoba beberapa makanan di Banda Aceh yang dia suka, juga kopi. Ditambah dengan kunjungan ke Museum Tsunami.

P1070186Awalnya aku gak ingin masuk kebangunan hasil design si Bapak Wali, Ridwan Kamil, tetapi dia meyakinkan kalo dia akan baik-baik saja kalo masuk ke musum yang tentunya akan membawa kenangan dia tentang bencana alam di tahun 2004 silam. Temanku bahkan membawa aku keliling ke tempat-tempat yang meninggalkan bukti sisa bencana itu. Yah, aku cuma bisa bertambah sedih waktu dia cerita macam-macam. Berharap semua segera pulih, termasuk infrastrukturnya. Dibangun untuk lebih kuat.

Pulau Weh, Sabang

IMG_6246Seperti yang aku bilang di awal, highlight perjalanan adalah Pulau Weh, kota Sabang. Saat datang yang aku tau Pulau Weh ini kental dengan tanda 0 kilometer beserta sertifikatnya dan lokasi-lokasi menyelam. Dan benar, inti perjalanan aku ke Pulau Weh juga itu.

Pertama turun dari kapal di Pelabuhan Balohan, selain disambut dengan teriakan supir-supir travel yang akan membawa penumpang ke berbagai arah di Pulau Weh, aku juga disambut hujan. Awalnya hanya rintik-rintik yang beberapa menit kemudian jadi deras.

Kondisi awal yang kurang menyenangkan untuk fantasi liburan di pantai yang akan ditemani sinar hangat matahari dan deburan ombak Samudera Hindia. Tetapi tetap berusaha gak menpengaruhi hati.

P1060848Aku tetap berharap (karena emang paling jago berharap, #eaaaaaa) bahwa cuaca berganti cerah, walau teman aku sudah menginfokan bahwa biasanya di bulan Agustus di Pulau Weh, hujan tidak pernah berlangsung hanya sehari. Selain itu, Agustus bukan pilihan favorit untuk berlibur di Pulau Weh buat dia karena cuaca yang tidak menentu itu juga mempengaruhi jadual keberangkatan kapal. Itu kenapa dia memutuskan untuk menyusul aku ke Pulau Weh setelah yakin bahwa semua kerjaan dia bisa ditinggalkan untuk beberapa hari.

P1060884Dasar aku yang sudah terlanjur berharap yah, tetap aja optimis. Setelah hari sebelumnya hanya menghabiskan waktuย  dengan membaca buku sambil menikmati pemandangan indah Samudera Hindia dari teras penginapanku, sambil sesekali melirik abang-abang dipenginapan kanan kiriku, daripagi hari berikutnya aku memaksa berjalan ke pusat keramaian, walau pagi itu rintik-rintik hujan masih terus menemani.

IMG_6188Pusat semua kebutuhan liburan dan harian, dari tempat makan dan minum sampai tempat penyewaan alat-alat menyelam.

Beberapa jam menunggu sambil sarapan enak dan murah, ternyata rintik hujan bertambah deras, akhirnya aku nekat untuk mencari paket wisata yang bisa membawa berkeliling pulau Rubiah yang berada tepat di depan penginapanku. Untungnya para pemilik paket wisata sudah terbiasa dengan kondisi itu. Tengah hari baru aku berhasil mendapatkan satu keluarga yang bersedia menyelipkan aku ke kapal yang mereka sewa karena bila tidak begitu, harga sewa kapal dan paket akan sangat mahal buatku sendiri.

DSCN0351Selalu ada hasil buat usaha. Kegiatan dengan air menyenangkan. Yang kemudian dilanjutkan dengan menyewa motor (sekaligus pengemudinya) untuk berkeliling Pulau weh disisa hari karena besoknya aku memutuskan untuk pulang bila cuaca cerah.

DSCN0403Aku tidak ingin terjebak kenangan dengan cuaca yang tidak menentu karena tanggung jawab sebagai pekerja harus dilaksanakan dalam beberapa hari kemudian.

Lumayan menyenangkan ternyata berkeliling Pulau Weh dengan motor yang meliuk-liuk dijalanan yang menantang; terkadang curam, terkadang sempit, atau terkadang belokan patah. Apalagi sepanjang perjalanan ditemani pemandangan asri dan mempesona.

P1070135Bekal yang cukup puas untuk besoknya kembali ke Banda Aceh dan meneruskan perjalanan kembali ke Kalimantan. Bahkan ditemani cuaca yang cerah. Terlambat buatku cuaca cerahnya, tetapi tidak masalah karena selalu ada cara untuk menyenangkan diri dalam kondisi apapun.

P1070176Sudah pernah ke Aceh? Gimana kesannya?

6 Comments

Ngobrol yuks.. ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s