Kayanya aku kalo di suruh tulis tentang Korea Selatan dan Jepang itu, gak ada habisnya. Kata orang-orang dekat sih, kalo lagi jatuh hati aku emang begitu. Yah begitu. Biar di minta berhenti cerita tentang pujaan hati, kadang suka nyambung sendiri di diary. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Okay kembali ke judul.

Untuk pengalaman yang satu ini, aku harus berterimakasih dengan teman expat aku di Seoul yang sudah dengan baiknya menyediakan informasi gratisan tentang salah satu cara berfoto menggunakan Hanbok dengan gratis saat di Seoul. Hanya dengan satu kata โ€œgratisโ€, aku yang awalnya sangat menentang ide semua teman-teman yang pernah jalan bareng ke Korea untuk berkeliling kota dengan menggunakan Hanbok jadi kepincut untuk mencoba.

Sebenarnya alasan lain aku gak pernah mau berkeliling dengan Hanbok adalah masalah postur. Walaupun selama ini aku menggembor-gemborkan bahwa aku cukup pede dengan bentuk tubuhku, aku percaya diri pakai apapun yang aku kenakan (tentu aja semua pilihan sendiri), tetapi sebenarnya ada jenis-jenis pakaian yang aku hindari, salah satunya yah model Hanbok ini. Nanti bisa liat sendiri gimana aku tambah menggembung (walau aku merasa tetap mempesona sih yah). ๐Ÿ™‚ โค

Tau sendirikan lapisan bajunya, lebar dan panjang pakaian bawahnya, intinya keseluruhan pakaian bukan hal yang mau aku pakai, apalagi untuk pelesiran, berpindah dari istana atau kuil satu ke yang lainnya di Seoul. Merasa kurang nyaman juga.

Tapi, akhirnya satu kata “gratis” itu, cukup ampuh membujuk dan mengubahku.

Layanan ini ada di Seoul Global Cultural Center di Myeongdong. Hanbok tidak untuk digunakan berjalan-jalan keluar seperti Hanbok yang di sewakan pada umumnya, tetapi kita hanya bisa berfoto dengan menggunakan hanbok khusus di Global Center ini.

IMG_2611Untuk bisa mencoba, ada prosedur yang harus diikuti dan itu sangat mudah. Peminat hanya perlu datang dan mendaftarkan diri sendiri atau kelompok maksimum 4/5 orang ke Seoul Global Center karena tidak dibuka secara online. Saat itu aku di Myeongdong. Selain di sambut oleh Abang Lee Min Ho yang ganteng dan mempesona, aku juga di sambut oleh dua orang mba yang manis, ramah, dan juga suka menolong. Aku sudah ijin loh bakal taro foto dia di sini ๐Ÿ™‚

IMG_2653Waktunya sudah ditentukan dari pukul 10:00 โ€“ 17:00, silahkan memilih dari waktu yang disediakan perlimabelas menit yang ada. Isi data-data sesuai yang di minta. Dan kemudian datang kembali untuk ber-pose. Bila beruntung saat kedatangan kita ada tempat yang kosong.

IMG_2652Buat yang sendiri jangan ragu karena mba-mba yang tadi juga akan dengan senang hati membantu jadi fotografer dadakan dan yang kita diperlukan hanyalah mengeluarkan seluruh kemampuan modeling yang terpendam dalam waktu 15 menit. ย Boleh kurang tidak boleh lebih. ๐Ÿ™‚ *sorry, namanya juga gratiskan yah*. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

 

IMG_2651Tambahan lainnya untuk Myongdong Global Cultural Center ini, tempatnya gak sekedar menawarkan foto dengan Hanbok gratis, tetapi ternyata menyediakan juga kegaiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan dnegan kebudayaan Korea. Seperti teman aku, awalnya dia datang untuk mengikuti kelas Hanji yang disediakan juga secara gratis, sampai akhirnya dia mengikuti kelas yang lebih advanced lagi dan berbayar karena program yang ditawarkan umumnya menarik dan berguna. Lihat deh salah satu hasil kerajinan teman aku di Instagram dia hasil berlatih.

IMG_2605Untuk keseluruhan tempat juga lumayan nyaman dengan fasilitas sofa-sofa dan free wifi, lengkap dengan brosur-brosur wisata di Seoul. Jadi buat yang lelah berkeliling Myeongdong bisa menunggu dengan nyaman di sini. Bagus lagi bila punya dana lebih yang bisa digunakan buat belanja-belanja souvenir yang juga ditawarkan di sini.

IMG_2607Generally, Seoul Global Cultuarl Center ini cukup menyenangkan untuk didatangin.

Alamat Myeongdong Global Cultural Center:

Note lagi yah:

Bukan sponsor. ๐Ÿ™‚ โค

Advertisements