img_0036

pertanyaan pertama yang muncul di kepala aku saat menginjakkan kaki di kota yang memiliki julukan ‘Kota Pahlawan’ ini..

‘aduh sempat nggak yah, kelilingi kota surabaya ini selama satu hari??’ agak-agak panik-panik gimana gitu, pasti akan bosan banget kalo seharian cuma tidur alias goler-goler di hotel, sementara dua hari kedepan akan sibuk dengan workshop dan seminar tari, pastinya nggak ada lagi kesempatan buat jalan-jalan, karena setelah workshop langsung balik ke kalimantan.

pasti bisa!! semangat!! semangat!! secara ini adalah kota pahlawan, semangat nggak boleh luntur!! akhirnya, dengan semangat 45 yang telah berkobar-kobar dalam dada #apasih?? jadilah diriku, ย ngerental mobil buat keliling kota ke dua terbesar di indonesia ini setelah jakarta.

setelah ngobrol bentar dengan mas teddy, driver yang bakal nemani aku dolan-dolan (jalan-jalan rek!) akhirnya kita menyepakati apa saja, kemana saja rute kita hari ini, dan beruntung banget mas teddy ini orangnya baik banget, jadi banyak juga tempat yang nggak masuk daftar tapi tetap diajaknya diriku ke sana, hehehhe..

jadi, berikut daftar tempat yang bisa kamu kunjungin dalam satu hari kalau lagi di surabaya, ojo lali yo rek!!

Tugu Surabaya

img_0003

ini penting banget, katanya sih, jangan ngaku-ngaku ke surabaya kalo nggak nyampe photo disini, ntar di kira jalan-jalannya cuma hoax!! hahahaha..

karena dari sinilah berasal kata surabhaya (jawa kuno); ย sura/suro (ikan hiu) dan baya/boyo (buaya), konon katanya terjadi pertempuran sengit antara ikan hiu dan buaya demi memperebutkan daerah kekuasaan yang berakhir tragis, karena kedua hewan tersebut tewas akibat kelelahan bertarung.

House of Sampoerna

img_0024

bangunan ini berdiri tahun 1864, awalnya adalah panti asuhan bagi anak yatim piatu laki-laki. kemudian tahun 1912, panti asuhan ini pindah ke jalan embong kota malang, lalu pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee, dan sejak saat itu bangunan ini dijadikan pabrik rokok dan rumah tinggal oleh keluarga Liem Seeng Tee (pendiri pabrik rokok Sampoerna)

Penjara Kalisosok

Jpeg
wajah baru, pagar penjara kalisosok

penjara kalisosok bukanlah sekedar penjara bagi kaum kriminal biasa disekap, namun bangunan ini merupakan bangunan bersejarah, karena di tempat inilah para pejuang kemerdekaan dan pejuang orde baru seperti Soekarno, W.R. Soepratman , KH. Mas Mansur pernah mendekam didalamnya. bangunan yang berdiri sejak tahun 1808 ini, dan sejak tahun 1995 ย bangunan ini menjadi cagar budaya.

Tugu Pahlawan

Jpeg

tugu pahlawan dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 di surabaya, dimana arek-arek suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu, yang hendak menjajah kembali indonesia.

Gereja Katolik Kelahiran St. Perawan Maria

img_0043

gereja katolik kelahiran santa perawan maria, atau biasa disebut kereja kepanjen, berdiri tahun 1815, dan menjadi salah satu tujuan wisata kota surabaya.

Jembatan Nasional Suramadu

img_0046

jembatan yang melintasi selat madura, menghubungkan pulau jawa (surabaya) dan pulau madura (bangkalan). saat ini jembatan suramadu, merupakan jembatan terpanjang diindonesia (5.438M).

Pagoda Tian Ti

img_0050

Patung Buddha Empat Wajah

img_0053

Klenteng Sanggar Agung

img_0061

Pagoda Tian Ti, Patung Buddha Empat Wajah dan Klenteng Sanggar Agung dibangun pada tahun 1999 berada dilokasi yang sama, pantai ria kenjeran, surabaya. selain menjadi tempat ibadah bagi penganut Tridharma tempat ini juga menjadi tujuan wisata kota surabaya.

Zangrandi Ice Cream

img_0066

ahhh, Zangrandi Ice Cream. inilah surganya pencinta ice cream.. setelah keliling seharian di kota surabaya, zangrandi ini adalah pilihan yang tepat untuk menutup perjalan aku kali ini, sambil menikmati rasa ice cream vanila tuttifrutti yang segar, ada rasa-rasa yang lain yang juga menyejukkan hati. seteguk ketenangan dan bayangan akan rasa yang terus saja menua tapi tetap melekat dilidah, bayangan akan kota surabaya yang terus saja menyimpan ribuan kisah para pejuang bangsa, dan bayangan akan perjalan seorang wanita atau mungkin dua orang wanita yang akan terus berjalan, meskin nanti waktu akan menggerus usia mereka.. ahhh terlalu banyak bayangan perasaan dari tegukan ice cream ini. apa mungkin karena terlalu original dan tua, entahlah, hahahaha..