Akhirnya aku harus mengucapkan salam perpisahan dengan Irina, host-ku yang menyenangkan dan kini jadi teman. Aku senang punya pengalaman couchsurfing pertama dengan dia dan ini sudah kukatakan berkali-kali. Bahkan perjalannan ke Jeonju yang tertunda seharipun terjadi karena aku senang tinggal dengan Irina dan diapun begitu. Bahkan dia menawarkan rumahnya untukku lagi saat kembali dari Jeju nanti, sebelum kembali ke Indonesia. Tapi terpaksa kutolak mengingat host-ku berikutnya di Seoul sudah membuka pintu rumahnya untukku dan sebaiknya aku tidak membatalkannya. Mungkin saja aku bisa mendapat pengalaman yang lain dengan host baru nanti dan toh aku masih bisa bertemu Irina lagi, pikirku saat itu.

IMG_3266Setelah mengajak Busker, anjing milik teman Irina, untuk jalan pagi, akhirnya benar-benar berpisah. Irina kuliah dan aku melanjutkan perjalanan ke Jeonju. Perpisahaan yang berat bagi kami, lumayan lama juga bila kuingat betapa kami berpelukan, mengucapkan perpisahan, melambaikan tangan, menoleh lagi, say see you again, melambai lagi, terus sampai akhirnya dia hilang dari pandanganku.

IMG_3257Jam sudah menunjukkan pukul 11:30 siang, aku fikir itu bukan jam-jam padat penggunaan kereta, jadi kuputuskan untuk menggunakan kereta, dari stasiun dekat kampus Irina ke Seoul Express Bus Terminal. Selain aku sudah merasa sangat nyaman menggunakan kereta, host di Jeonju menyarankan jalan melalui terminal bi situ karena tempat tibanya di Jeonju nanti, akan lebih mudah bagiku. Okay, kuturuti saja.

Ternyata aku salah, dari stasiun pertama sampai terakhir, kereta selalu penuh dengan penumpang, jadi aku dengan tas punggungku yang tidak kecil itu, sepertinya akan mengganggu penumpang lain, jadi untuk mengakalinya, aku selalu memilih gerbong yang terakhir untuk bersandar di dinding dan meletakkan tasku di samping, tidak mudah memang, aku harus selalu berjalan lebih jauh lagi. Tetapi hal itu salah satu pilihan bagiku mengingat peraturan-peraturan penumpang dalam kereta di Seoul yang sibuk dan bergerak cepat ini.

IMG_3267Dari aplikasi yang aku gunakan, seharusnya perjalanan dari tempat Irina ke terminal hanya ditempuh dalam waktu 45 menit, namun apa daya lagi, sepertinya aku belum selincah Seoulites yang bergerak sangat cepat dari satu line ke line berikutnya mengejar waktu kereta, jadilah aku menempuh rute tersebut dalam waktu satu jam. Tidak buruk menurutku karena aku memang tidak ingin tergesa-gesa. Waktuku masih panjang.

IMG_3278IMG_3276Seoul Express Bus Terminal sendiri adalah gedung yang besar dan sibuk, dan melayani perjalanan dengan bus dari Seoul ke kota-kota lain di Korea Selatan. Pilihan transportasi yang murah dan nyaman meurut aku dan dari beberapa temanku yang tinggal di Seoul mereka sering menggunakan bus untuk berpindah dari Seoul ke kota lain, dengan alasan yang sama.

Ada beberapa loket penjualan tiket di sana, sayangnya tidak ada yang bisa melayani setidaknya dengan bahasa Inggris, oleh karena itu, mau tidak mau, kukeluarkan lagi jurus andalanku saat itu yaitu aplikasi translator Eng-Kor. Memang terkadang terjemahannya ngaco, tetapi beberapa hari di Seoul dengan bahasa Korea sebatas kamasamnida, aplikasi ini sangat membantu. Tiket seharga 12.800 won akhirnya berpindah ketanganku juga.

IMG_3279Jadual keberangkatanku masih satu jam, sebenarnya bisa saja aku berkeliling stasiun yang besar dan melihat-lihat berbagai toko yang ada di sana, tetapi aku terlalu mudah lelah akhhir-akhir itu dan kuputuskan duduk cantik di kursi yang telah disediakan, persis di depan pintu yang bertuliskan Jeonju (μ „μ£Ό).

Waktu satu jam yang kulalui ternyata tidak begitu terasa lama, disamping kuhabiskan dengan menikmati aktivitas orang-orang yang lalu lalang, aku menyelingi dengan melihat-lihat foto di Seoul sambil mengingat semua kenangan manis (#eaaaa), dan pastinya sambil mengunyah cemilan dan susu yang sudah kupersiapkan dari pagi hari. Sengaja kulakukan hanya untuk mengisi perutku dengan makan malam yang kuharapkan akan besar dan enak di Jeonju nanti.πŸ˜€

Tanpa aba-aba, 15 menit sebelum keberangkatan aku sudah mencari bus yang akan kutumpangi, demi halangan bahasa, sengaja kulakukan sangat awal. Akhirnya bus yang kutumpangi menluncur, membawaku ke kota berikutnya, Jeonju, tepat seperti jadual di tiket yaitu 13:40, meninggalkan Seoul dan semua kenangan di dalamnya.

IMG_3282Hi Jeonju, ini aku datang.πŸ˜€πŸ˜€β€