Saat melakukan perjalanan itu banyak sekali sebenarnya cerita-cerita yang diperoleh dari kejadian-kejadian kecil. Tidak melulu tentang mengunjungi tempat-tempat terpopuler, terkenal, terseru, dan paling-paling lainnya. Begitu juga saat perjalanan gw ke Korea Selatan kemarin. Biasanya hal-hal kecil yang terkadang aneh, terkadang lucu, terkadang membuat terkejut, terkadang menggemaskan, dan terkadang juga membuat sedih itu melekat lama di pikiran gw. Berikut beberapa foto yang meninggalkan bekas di otak gw.

The old man I

Maaf sebelumnya bila ada yang merasa seharusnya foto begini tidak pantas ditampilkan, tetapi foto dan kejadian ini terlalu kuat melekat di otak gw untuk tidak dibagikan. Awal melihat seorang bapak minum di depan toko, di pagi hari. Setelah beberapa hari di Seoul, kejadian seperti ini di pagi hari terutama Sabtu dan Minggu menjadi pemandangan biasa buat gw. Kemungkinan ada yang kurang puas dengan acara minum semalam dan lanjut di pagi hari, ada juga yang sudah teler.

P1050983Awal melihat bapak ini, gw menyangka si bapak masih belum puas dengan acara minum semalam. Jadi gw abaikan dan terus lewat disampingnya, masuk ke toko membeli kopi dingin agar mata gw bisa melek maksimal karena butuh jalan sebagai hari terakhir gw di Seoul. Gw sendiri masih merasakan sisa-sia perhelatan malam sebelumnya, jadi diputuskan dengan cepat untuk duduk di serambi toko, persis menghadap si bapak. Sambil meneguk kopi dingin dengan kepala yang masih sedikit pusing, sayup-sayup terdengar si bapak bilang, “mian, mianhae, mianhe yo.’ Awalnya rintihan, lama-lama kencang, dan semakin lama bertambah dengan gerakan. Dan gw menjadi kaget, terutama banyak orang disekitar yang dengan santainya berlalu-lalang seperti tidak terjadi apa-apa. Mungkin itu biasa bagi mereka, tetapi rintihan yang terdengar pilu di telinga gw itu belum menjadi hal biasa buat gw. Yang dibenak gw saat it adalah, bapak itu kenapa sampai segitunya? Apakah dia seorang diri? Kenapa? Apa masalah terlalu berat? Kenapa meminta maaf? dan banyak pertanyaan lainnya. Kekepoan gw meningkat sangat tajam saat itu. Bahkan saat dia melihat gw, diapun sempat bilang, “Mian!” Dan gw semakin kaget.

Old Man II

P1050984

Sementara terus minum kopi, bergantian melihat si bapak, mata gw menangkap seorang bapak yang lain di seberang jalan. Di daerah yang sama, dua kejadian yang berbeda. Subjeknya gw katakan sama, mereka adalah bapak-bapak dan tidak muda. Dari dua subjek yang sama, di hari yang sama, dua kejadian yang kontras. Mau seperti apa gw saat seumuran mereka, mau bagaimana gw menghadapi masalah gw saat seumuran mereka karena gw yakin bapak di seberang jalanpun pasti punya masalah. Hanya saja beda menyikapinya.

Banyak lagi pertanyaan yang berkecamuk saat itu dan semua tidak terjawab.

Apa pendapat teman tentang dua foto di atas? Ada pengalaman sejenis atau yang mengundang beribu pertanyaan tidak saat jalan?