Salah satu tujuan wisata di Seoul yang sedang naik daun baik di kalangan turis lokal maupun non-lokal adalah Ihwa-dong Byeokhwa Maeul (이화 벽화마을 – Ihwa Mural Village). Pemukiman yang lokasinya berdekatan dengan puncak Naksan (Gunung Nakta) ini memiliki nilai budaya dan sejarah tersendiri bagi penduduk Seoul. Pemukiman ini terkenal dengan hasil restorasi pemerintah selama 14 tahun, di mulai dari tahun 1997, untuk mengubah pemukiman yang hampir tersingkirkan menjadi seperti sekarang, salah satu tujuan wisata utama di pusat kota Seoul.

IhwaMaeul1Berhubung akhir-akhir ini jiwa seni gw semakin ingin menampakkan diri, pastinya lokasi seperti ini menjadi salah satu tujuan gw saat berwisata. Sabtu, 14 Mei 2016 adalah hari gw berkunjung ke pemukiman yang berada di lereng selatan Gunung Nakta ( Naksan), yang menurut gw pribadi adalah pemilihan hari dan tanggal yang salah. Untuk tanggal secara spesifik akan diceritakan terpisah, sedangkan untuk akhir pekan, tidak disarankan berkunjung ke tempat ini, bagi mereka yang tidak terlalu suka wisata di tempat ramai, bergantian berfoto di setiap lokasi keren, dan yang mudah lelah hati bila melihat pasangan-pasangan imut dengan couple-things yang gak kalah imut. Tidak disarankan.

Gw termasuk ketiga hal di atas, walaupun sebagai penyumbang antrian dengan hati lemah bila melihat pasangan-pasangan imut. Untungnya gw dengan sigap mengatasi kelemahan gw, dan mengumpulkan kembali sisa-sisa tenaga yang ada untuk mengitari setiap sudut, juga untuk menapaki setiap anak-anak tangga yang lumayan terjal, sampai akhirnya gw bisa menikmati semua kejadian yang teramati oleh mata gw yang indah dari balik kacamuka kacamata yang tidak seberapa mahal tapi menambah tingkat kekerenan gw secara signifikan.😀

Jadi hal apa saja yang teramati dan mungkin bisa dicontek untuk kunjungan berikutnya (mungkin bisa lebih baik berkunjung dengan pasangan teman) dan pastikan untuk berlaku sebagai tamu yang baik karena lokasi ini adalah pemukiman penduduk dan juga menjaga kondisi suara agar hanya diri kita yang mendengar, jangan sampai dinding-dinding itu menyampaikan bisikan kita kepada para pemilik setiap rumah

  1. Bermain Petak Umpet dengan berbagai lukisan dinding

IhwaMaeul2Waktu masih polos, imut, nan lugu pada main petak umpet gak? Kalo iya, masih ingat kebahagiaan dan kepuasan saat menjadi penjaga tiang dan menemukan teman yang bersembunyi di berbagai tempat? Tempat yang tertebak sampai yang tidak terduga? Nah, bila pernah merasakan itu semua, perasaan gw saat mengitari Ihwa Mural Village mungkin bisa digambarkan sekilas seperti itu, terutama karena gw tidak berbekal peta lokasi, sehingga semuanya hanya mengikuti insting, keinginan, dan kemampuan kaki ini.

  1. Keluarkan Inner Naomi Campbell dan Imajinasimu

IhwaMaeul3Setelah mendapat lukisan yang keren, berimajinasilah dan keluarkan inner Naomi Campell kalian. Berposelah semaksimal mungkin. Keluarkan semua imajinasi dan pose terbaik kalian. Nikmati waktumu dengan lukisan-lukisan dan lokasi-lokasi pilihanmu, abaikan antrian panjang setelahmu dan jangan pernah malu dengan mata-mata yang memandangmu karena yakinlah, merekapun, dengan segera akan melakukan hal yang sama.😀😀

  1. Berfoto di Lokasi salah banyak adegan Drama

IhwaMaeul5Ini adalah hal yang menurut gw paling mesti dilakukan para pencinta drama Korea dan dari pengamatan di lapangan sepertinya beberapa dari pengunjung memang datang jauh-jauh ke sini untuk yang satu ini, yaitu berfoto tepat di titik terjadinya adegan dalam sebuah drama, bahkan sebagian pasangan, tidak segan-segan meperagakan kembali adegan tersebut (dan gw biasanya hanya bisa merinding kedinginan sendiri, *abang, pinjem abang manapun untuk teman berfoto), atau yang ingin sedikit berbeda (anti gaya mainstream), mereka memodifikasi gaya berfoto, tetapi tetap di titik yang sama.

IhwaMaeul4Buat mereka yang tidak mengikuti dramanya, atau tidak mengetahui sama sekali tentang drama Korea, tetapi tertarik untuk menjadi kekinian dan ingin berpose juga,  silahkan cari saja lukisan dengan tulisan Hallyu Seoul pada lempengan keemasan, dapat dipastikan sesuatu telah terjadi di titik itu. Sisanya tinggal bertanya dengan mbah Google.

  1. Membuat Karikatur diri yang imut

IhwaMaeul6Bila ingin memiliki gambar diri yang sedikit bervariasi, bisa juga meminta untuk dibuatkan karikatur dengan memberikan imbalan balik beberapa won kepada para artis dengan gaya asik yang tersebar di berbagai sudut Ihwa Mural Village.

  1. Menikmati berbagai snack di pinggir jalan atau di café

Walaupun menikmati snack bisa dilakukan di mana saja di setiap sudut kota Seoul, tetapi gw melihat banyak sekali orang-orang yang berjalan sambil menikmati berbagai snack dari yang terllihat menggiurkan karena bentuknya, ada juga yang terlihat menggiurkan karena memang simply terlihat nikmat. Gw sendiri tidak mencoba satupun selama di sana karena sudah berbekal banyak snack. Awalnya gw tidak tau bila akan ada banyak penjual makanan dan minuman ringan. Jadilah gw membawa seabrek-abrek cemilan, dan juga sesuatu minuman. Kkkkk.

IhwaMaeul7Selain itu, di sana juga terdapat banyak café dengan desain yang menarik. Sepertinya mereka menarik minat pelanggan dengan cara memberi tempat yang nyaman untuk mengisi perut dan juga ruang yang instagramable.

  1. Berpakaian Ala Korean Oldschool

Berpakaian ala seragam Korea vintage sepertinya menjadi salah satu hal kekininan saat gw berkunjung ke sana. Dan ternyata memang tersedia tempat untuk menyewa seragam tersebut, lengkap dengan tas merah vintage-nya. Tadinya gw berfikir ada kegiatan sekolah di sana karena mereka umumnya bergerombol atau berpasangan (lagiiiiii?!?), ternyata setelah nekat bertanya, gw mendapat jawaban bahwa itu semua adalah cosplay, mereka hanya ingin berfoto dengan pakaian tersebut. Hal ini malah banyak dilakukan oleh orang Korea. Perlu dicoba.

  1. Menikmati Pemandangan Seoul dari Naksan Park

IhwaMaeul8Untuk turis sekelas gw yang tidak mau mengeluarkan uang untuk menyewa pakaian yang belum tentu nyaman gw pakai, gw lebih menikmai saat berada di posisi-posisi tinggi yang membuat mata gw menikmati pemandangan kota Seoul dari ketinggian, juga dari beberapa posisi berbeda, sambil menikmati udara yang segar.

Itu 7 hal yang mungkin dilakukan di Ihwa Mural Village melalui pengamatan gw dilapangan, gw sangat tidak menyarankan untuk melewatkan #2 dan #7.❤