Saya pribadi merasa Patung Tuhan Yesus Memberkati yang terletak di puncak Buntu Burakke, Makale ini cukup fantastis,) (berdasarkan berbagai sumber) 20-an miliar adalah biaya yang dikeluarkan demi berdirinya patung ini, itu cukup besar, terlebih lagi saya suka mengkonversikan dengan jumlah produksi batubara yang harus dikeluarkan di perusahaan kecil tempat saya bekerja untuk menghasilkan dana sebesar itu. Tetapi mungkin icon yang berawal dari mimpi pemimpin kabupaten Tana Toraja itu, kini menjadi kebahagiaan masyarakat Tana Toraja, setelah berdiri tegak setinggi 40 meter. Di balik popularitasnya yang menjadi ikon kekininan, saya pribadi, setelah menyambangi lokasi patung Tuhan Yesus Memberkati ini bersama keluarga lebih berdoa dan berharap bahwa dengan berdirinya simbol religius ini, maka kota Makale akan menjadi semakin diberkati dan menularkan berkatnya bagi bangsa Indonesia tercinta.

IMG_1909Catatan, saya sedikit bersedih bahwa untuk spot yang baru saja berdiri, sudah banyak coretan-coretan di dinding bagunan ini, sayang sekali kesadaran bahwa memandang keindahan terkadang cukup, tanpa harus menambah dan merubah, apaplagi dengan sesuatu yang buruk. Semoga tidak bertambah.

Cerita tentang lokasi ini akan berlanjut