Berada di kota Tokyo yang super sibuk, Akihabara yang tidak kalah sibuk ini biasanya menjadi tujuan utama para geek dan juga hampir semua pria yang menemani perjalananku ke Jepang, atau bertanya padaku tentang Jepang, atau berencana ke Jepang. Sudah sangat terkenal bahwa Akihabara ini adalah surganya para pencinta game, anime, elektronik, Maid Cafe, dan pastinya karena AKB48 (lap keringat dan elus dada aja buat yang terakhir). Tak bisa disalahkan karena memang begitu adanya.

AkibaTurun di stasiun JR Akihabara, aura yang sudah gw sebutin di atas memang kuat terasa, bahkan dari kejauhan sudah terlihat billboard yang mentereng dan menimbulkan penasaran. Sebenarnya gw pribadi tidak ada ketertarikan khusus dengan Akihabara kecuali keperluan foto-foto saja karena memang tidak begitu pencinta game, tidak maniak barang elektronik, tidak tertarik mencoba cafe-cafe bertema itu, ataupun tertarik dengan AKB48. Namun demi para pria yang penasaran, akhirnya gw tetap menunjukkan semangat yang mengebu-gebu untuk menjelajahi jalan-jalan yang ramai itu.

Akiba1Walaupun bukan pencinta semua yang disebutkan di atas, ternyata gw bisa menikmati juga jalan-jalan di Akihabara sambil memotret sana-sini dan memberikan beberapa hal yang sudah pernah gw lihat di sana selain pajangan di depan setiap toko yang sangat menarik dan mencoba keberuntungan untuk mendapatkan isi figure mini yang sesuai dengan yang diinginkan hati dari Gachapon Machine yang banyak dipajang di depan setiap toko di Akihabara. Sedangkan dari daftar kunjungan teman seperjalanan gw, ada beberapa tempat yang menarik minta mereka.

Gachapon Machine

Akiba2Seperti yang gw sebutkan di atas tadi, ini adalah salah satu kesenangan gw selama berjalan-jalan di Akihabara; mencoba berbagai macam Gachapon Machine. Tetapi, mungkin Gachapon Machine-pun seperti para lelaki itu, gw selalu mendapatkan apa yang gak gw inginkan. Inginnya Restu Sinaga keluarnya, boro-boro Restu Sinaga, restupun tak dapet (eaaaaa). Itulah, Gachapon Machine yang menyerupai dispenser air minum inipun tidak terlalu suka memenuhi keinginan gw. Tetapi dasar gw yang suka penasaran, terus aja mencoba walaupun ditolak berkali-kali selalu tidak memuaskan dapatnya.

Maid Cafè

Akiba3Gw secara pribadi tidak pernah memahami menariknya sebuah tempat makan yang dilayani oleh pramuniaga dengan pakaian dari berbagai macam tema seperti karakter komik, kartun, dan tema-tama lainnya yang bisa menemani pelanggannya makan, ngobrol, atau bahkan ngobrol sambil makan, bahkan katanya beberapa pramuniaganya bisa menyuapkan makanan (jadi ingat ponakan gw waktu umur setahun mesti disuapin terus). Heh. Yah begitulah yang tedengar tentang Maid Cafè yang terkenal banyak tersebar di Akiba, dan memang benar begitulah keadaannya waktu berkunjung ke sana. Di pinggir jalan saja beberapa dari merka sudah membagikan brosur dengan kostum yang menyolok mata.

AKB48 Cafe and Shop

Akiba4Berbeda dengan Maid Cafè dengan berbagai macam tema, AKB48 Cafe and Shop yang berada di depan pintu keluar stasiun JR Line Akihabara ini merupakan cafe yang menjual pernak-pernik anggota idol terkenal AKB48. Berbagai macam pernak-pernik yang umumnya bergambar masing-masing personel AKB48, dari kipas, mug, gantungan kunci, buku catatan, dan banyak lagi lainnya. Toko pernak-pernik ini berdampingan dengan cafe yang menjual makanan dengan tema yang sama. Tadinya gw pikir Studio AKB48 ini akan sepi, namun ternyata gw salah, saat berkunjung ke sana, baik perempuan maupun pria dari segala usia  memenuhi studio, sebagian dari mereka bahkan sambil tersenyum penuh kekaguman memandangi wajah idola masing-masing yang tercetak di berbagai media yang dijajakan. *lap keringat*.

Gundam Studio

Akiba5Cafe tema lainnya, tetapi khusus Gundam yang lokasiny bersebelahan dengan Studio AKB48. Lebih menyenangkan untuk di lihat menurut gw dibandingkan cafe tetangganya. Hanya saja, harganya tidak menyenangkan, walaupun didukung oleh kualitas barang yang bagus.😀

Chuo Dori (Chuo Stree)

Akiba6Jalan utama di kompleks pertokoan Akihabara ini setiap hari Minggu dan hari libur ditutup untuk kendaraan dengan tujuan memberi keleluasaan dan kenyamanan bagi para pejalan. Konon katanya di hari yang sama di jalan ini dipenuhi dengan cosplayers seperti di Takeshita Dori di Harajuku, sayangnya gw baru bisa mengatakan konon karena saat ke sana tidak menemukan satupun kecuali para pramuniaga Maid Cafe tadi.

Akiba7Nah, itu dulu tentang Akihabara dari gw, cetek memang. Sebagai seorang yang tidak terlalu tergila-gila dengan Akihabara dengan isinya, gw hanya bisa mengagumi pajangan-pajangan figure yang keren selama di sana dan juga hiruk-pikuknya.

Tertarik ke Akihabara? Atau sudah pernah mengunjungi dan punya cerita sendiri?