Setelah Yuna dapat kesempatan nulis di blog keren Jalan2Liburan tentang panduan liburan ke Sydney untuk pertama kali, rasanya jadi terinspirasi menulis panduan liburan ke Kuala Lumpur. Selain karena inspirasi dari sebelah, ini juga terisnpirasi dari banyaknya email dan komentar yang menanyakan itinerary dan segala hal tentang Kuala Lumpur untuk kunjungan pertama kali atau untuk transit. Sebagian besar ada yang kami balas melalui kedua media itu, tetapi beberapa tidak bisa kami balas seperti minta dibuatkan itinerary detail untuk 5 hari di KL, itu susah, selain karena belom mengetahui kesukaan si orang yang bertanya, membuatkan itinerary lengkap biaya dan tempat selama 5 hari itu koq rasanya bagaimana yah. Kekekekeke. Jadi ini memberikan sedikit gambaran yang semoga bisa membantu perjalanan pertama ke Kuala Lumpur dan ini berdasarkan pengalaman dan tempat-tempat yang pernah kami kunjungi.

DSCN8151Dokumen Perjalanan

Untuk ini sepertinya tidak terlalu susah yah, untuk berlibur, sebagai teman serumpun, kita hanya butuh paspor yang berlaku setidaknya 6 bulan, untuk 30 hari tinggal, di imigrasi KL nantipun (KLIA2) kita akan masuk ke barisan domestik. Cieeee, domestik.๐Ÿ˜€

KLCC (Kuala Lumpur City Centre) dan Twin Tower

20140115_194125Sepertinya gak kita banget kalo berkunjung ke sesuatu negara gak mendatangi icon negara tersebut, nah KLCC dan Twin Towers-nya yang menjadi landmark sepertinya selalu jadi tujuan wisata. Beberapa kali ke KL, kami selalu menjadikan kedua tempat itu yang pertama dikunjungii. Antara karena mengetahui bahwa dua gedung kembar itu tak akan berpindah dan tetap kembar berapa kalipun kami kunjungi, atau juga karena ini paling mudah di jangkau dari KLIA2. Biasanya kami menggunakan bis atau rapid KL baik ke ataupun dari KLCC ke bandara. Walaupun murah, transportasinya cukup nyaman. Bis beredar setiap 15-30 menit, dari jam 7:20-00:30 setiap harinya. Berdasarkan jadual, dengan bis ke KLCC dicapai selama 1 jam, tetapi berdasarkan pengalaman ditempuh selama 1,5-2 jam.

Bukit Bintang

IMG_0076Dari KLCC, tempat yang kami selalu datangi adalah Bukit Bintangย  karena lokasinya berdekatan dan memang kedua daerah itu termasuk Golden Triangle, ditambah dengan Jalan Raja Chulan dan Jalan Sultan Ismail. Bukit Bintang sendiri terkenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan, di mana mall terkenal di KLย  berada. Namun, kami tidak pernah ke Bukit Bintang untuk berbelanja. Biasanya kami langsung menuju Jalan Alor setelah menikmati sunset di Petronas untuk makan malam karena si Yuna suka sekali masakan Cina. Di sinilah pilihan berbagai macam masakan Cina dan relatif murahย  berada.

IMG_0083City Centre (Old City Centre/Old Town)

DSCN8019Walaupun namanya sering dicampuradukkan dengan KLCC, tetapi dua lokasi ini sangat berbeda atmosfernya. KLCC cenderung modern, sedangkan Kuala Lumpurโ€™s City Centre atau yang disebut juga Old City Centre, seperti namanya, lebih memiliki nuansa vintage. Sesuai namanya City Centre dulunya merupakan pusat administrasi pada masa penjajahan, jangan heran bila daerah ini kini dipenuhi bangunan-bangunan bersejarah, dan kami menyukainya. Sebut saja Dataran Merdeka di mana bangunan bersejarah penting Malaysia masih terawat dan berfungsi dengan baik. Chinatown yang terkenal sebagai gudangnya makanan dan barang-barang murah juga di sini, dan juga sejarah Cina di Malaysia bisa ditemukan di sini, berdampingan dengan bangunan bersejaran Hindu di KL. Selain itu Old Market juga berada di daerah ini. Di sinilah salah satu pusat bangunan bersejarah dan belanja murah di KL

DSCN8032Brickfields

Berada di selatan KLโ€™s City Centre, Brickfield juga di sebut Little India, jadi sudah bisa dibayangkan aroma dupa, aroma rempah khas India, alunan lagu-lagu India, masakan India, dan juga barang-barang India bisa ditemukan di sini.

DSCN8079Bangsar dan Midvalley

Kedua daerah di atas disebut sebagai pusat perbelanjaan, mall, dan hiburan malam di KL, tetapi berhubung kami tidak terlalu menyukai hiburan malam (kecuali terpaksa), kekekeke, kami belum pernah singgah ke sana.

Mencari oleh-oleh

DSCN8188Di atas adalah pembahasan tempat yang beberapa kali kami kunjungi. Pertanyaan Indonesia banget lainnya adalah tempat mencari oleh-oleh. Kebetulan kami juga suka banget membelikan oleh-oleh (apalagi si kakak), dan sukanya membeli yang terjangkau, maka tempat yang biasa kami singgahi adalah Chinatown dan Old Market. Selain itu bisa mencari di mall-mall yang tersebar di kota Kuala Lumpur, tetapi herannya kami tidak pernah melihat barang yang kami sukai di mall.๐Ÿ˜€

Makanan

DSCN8200Untuk makanan di Kuala Lumpur juga banyak pilihan. Sepertinya di lidah kita tidak akan jauh berbeda rasanya. Kami suka cari sarapan di Chinatown, makan siang di mana saja kaki dipijakkan dan umumnya nasi kendar atau lemak, sedangkan makan malam di Jalan alor atau kembali ke Chinatown. Lokasi makanan yang cocok di lidah dan di kantong kami. Pernah mencoba makanan India, tetapi belom cock, entah karena coba yang di pinggir jalan yah.

Akomodasi dan Transportasi

IMG_0073Sama seperti berbelanja oleh-oleh, makan, dan hiburan, sebenarnya penginapan dari berbagai macam harga tersebar di KL. Tergantung bujet orang-perorang. Sekali lagi kami adalah pencinta yang murah, jadi biasanya memilih menginap di Chinatown, selain dekat dengan makanan, juga dekat dengan beberapa tempat wisata. Untuk transportasi selama di KL, rapidKl adalah idola kami, juga sesekali menggunakan bis dan taxi. Sebaiknya hindari menggunakan taxi karena harganya yang selangit.

IMG_0068Menjauh sedikit dari Kuala Lumpur

Bila memiliki waktu berlebih, mungkin bisa ke Batu Caves, sekitar 2 jam dengan bus dari KLโ€™s City Centre. Tempat ini menarik dengan morfologi yang didominasi Karst.

DSCN7891Bila ada waktu tambahan lebih dari sehari mungkin bisa mengunjungi Georgetown di Penang. Ada penerbangan dengan maskapai murah biasanya, atau juga dengan kereta, tetapi lebih lama. Suasana yang lebih kalem dan padat peninggalan sejarah dan budaya terasa di sini.

Segitu dulu panduan untuk berlibur pertama kali ke KL, semoga membantu. Kami membuka ruang pertanyaan. Koreksi, dan tambahan. Please, jangan minta dibuatkan itinerary detail lagi yah, 1 hari ajah susah, apalagi berhari-hari.๐Ÿ˜€

TwinTowers