Berdasarkan statistik di blog ini, pencarian kata “oleh-oleh” menjadi salah satu penyumbang terbanyak para pejalan dunia maya ke sini, wajar memang mengingat kami dan membeli oleh-oleh sangat susah dipisahkan bila melancong ke luar Sangatta, walau hanya di Samarinda. Walau akhir-akhir ini si adek, Yuna lebih perhitungan dalam memilih dan memberikan oleh-oleh kepada seseorang karena beranggapan sebagian besar oleh-oleh itu tidak dihargai (tepatnya terbengkalai) walau kita sudah memilih dengan hati saat membeli, tetapi si kakak, Ewang, tetap tidak tega tiba di Sangatta dengan tangan kosong. Jadi, akhir-akhir ini sering terjadi percakapan yang agak “tegang” bila membahas masalah membeli oleh-oleh. Biasanya percakapan itu terjadi seperti ini:

Yuna    : “Mau beliin oleh-oleh buat siapa kak?”  Menegur kakak yang sudah memegang banyak souvenir lucu di tangan.

Ewang : “Buat si ini si itu, si bla…bla..bla..”

Yuna    : “Udah gak usah ajah, kita liatin foto-foto kita aja, atau kita datang dengan senyum lebar dan selamat bukan udah oleh-oleh yang luar biasa yah?” Dan bukannya kita sudah belikan cemilan khas?

Ewang : “Gak dek, gw gak enak kalo gak bawain oleh-oleh buat si ini, si itu, dan bla..bla..bla, soalnya si ini kemren begini ke gw, si tiu begitu, si bla..bla…bla.. bantuin gw bla..bla…bla..”

Yuna    : “Bukannya kalo nolong ikhlas yah? Emang makanan aja gak cukup?”

Ewang : “Bukan dek, kemarin gw liat si ini kekurangan ini, dia senang ini, si itu kekurangan itu, senang liat itu, sepertinya butuh itu, dan itu cocok dengan itu, si bla..bla..bla…”

Yuna    : “Ah, ya udahlah, terserah, jangan pake uang bersama yah (kejam). Yang penting jatah lo bayar ini itu gak berkurang (gak ada ampun).”

Ewang : “Iya, gw udah duga lo bakalan ngomong begitu. Ini makanya gw dari tadi diam-diam aja, gw sudah siapin duit khusus juga.” Dengan ekspresi wajah yang sedikit masam.

Yuna    : “Oh ya udah. Baguslah kak. “ Sambil kaki sedikit malas melangkah, walau gak lama kemudian ikutan sibuk melihat barang.

Yah, seperti itulah akhir-akhir ini percakapan singkat saat akan memilih barang untuk oleh-oleh. Kalo kalian masih suka berbagi oleh-oleh ke satu erte gak? Seperti si kakak ini.

20140120_182316

Si kakak dengan tas tambahan karena membeli oleh-oleh setelah liburan di Bangkok beberapa hari.

Selamat berakhir pekan.❤🙂