Bangkok, 19 Januari 2014.

Masih dengan derita yang sama dengan hari sebelumnya, yaitu keterbatasan pergerakan. Karena mati gaya, akhirnya hari itu kami putuskan untuk berkeliling tempat belanja yang biasanya senang kami hampiri lebih dengan alasan penyegaran mata, dibandingkan berbelanja. Karena mengurus tiket keberangkatan ke Penang yang belum berhasil, maka saat itu perjalanan kami dimulai sekitar pukul 2.30 sore. Terlalu siang memang, tetapi itu lebih baik demi kelanjutan perjalanan kami. Dengan waktu yang terbatas, akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Chatuchak Mall dan Weekend Market, selain berputar di kawasan Khao San Road di siang dan malam harinya.

Khao SanHarus diakui, walaupun kami menginap di daerah Khao San Road dan setiap malam berputar di lokasi yang selalu padat turis dengan berbagai macam kehebohan ini, kami tidak pernah sempat berkeliling lebih lama di pagi hari saat terang, yang ternyata suasananya jauh berbeda. Pada saat terang, Khao San Road lebih sepi dan tenang. Baik pedagang maupun pengunjung, apalagi hingar bingar malam, tidak terdengar, yah walaupun sisa-sisa kehebohan malam masih ada, tetapi itu jauh sekali kondisinya. Sepertinya baik pedagang dan pengunjung sebagian besar masih lelah. Di sekitaran Khao San di siang hari banyak penjaja makanan dan pedagang pakaian dan souvenir yang umumnya sama di setiap tempat. Untuk kami berdua, terus terang lebih tertarik mencoba setiap jajanan dibandingkan berbelanja pakaian dan souvenir di sini. Jaid setelah membeli cemilan, kami langsung ke JJ Mall dan Market.

IMG_0688Chatuchak (JJ) Mall dan Weekend Market adalah dua tempat yang berdekatan. Dibandingkan JJ Mall, kami lebih tertarik untuk mengelilingi JJ Weekend Market yang luas dan ramai. Kami sedikit menyesal karena tidak datang lebih pagi mengingat perlu waktu yang juga lebih untuk mengeskplorasi daerah ini, selain itu matahari belum begitu terlalu bersemangat bersinar, sehingga menambah seksi kulit kami yang sudah cokelat gelap ini, dan lagi kerongkongan mungkin tidak akan terlalu cepat minta disegarkan demi menghindari dehidrasi. Yah, sebaiknya mendatangi pasar ini pagi hari dan fisik yang siap menjelajah, dan juga dompet yang sudah siap untuk membawa pulang barang-barang lucu. (Di wikipedia diinfokan bahwa ada 8.000 toko yang terbagi dalam 27 section, bayangkan luasnya).

JJ MallSaat itu, kami sedikit lebih menahan diri dan bersabar dalam membeli barang, selain karena pilihannya banyak, kami perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan kami. Alhasil, kami mesti berputar berkali-kali demi itu semua. Sambil berkeliling mencari barang bagus dan murah untuk dibawa pulang ke Indonesia (dan kemudian dibagikan), mata kami yang indah ini tidak berhenti melirik berupa-rupa jajanan yang tersebar di pasar, bahkan saat belum puas dengan beberapa jajanan, kami memutuskan untuk makan siang yang sangat telat di sini. Penjelajahan di pasar ini disudahi saat matahari sudah mulai tenggelam, dan dipastikan dengan hati dan perut yang sudah cukup puas.

Info tambahan untuk mencapai JJ Mall dan JJ Weekend Market:

Jam buka: Sabtu & Minggu, 09:00-18:00, dan Jumat 18:00-24:00

MRT: Chatuchak Park (Exit 1) dan Kampheng Phet (Exit no 1)

BTS: Mo Chit

Kelelahan hati membuat kami tidak memikirkan kegiatan lainnya selain cepat kembali ke hostel, menyimpan belanjaan, dan kemudian makan malam yang lagi-lagi di Khao San Road. Berhubung itu adalah malam terakhir, kami tidak bosan melihat berbagai macam kegaduhan di Khao San Road sambil menikmati makan malam kami yang terasa lebih nikmat dari hari-hari sebelumnya walau dengan porsi yang jauh lebih banyak.Khao San2