Setelah baca postingan Dion tentang kartu Docomo yang hemat untuk berselancar di dunia maya selama di Jepang, gw jadi ingat, selama liburan di Jepang, kami tidak pernah lupa update segala status dan posisi saat itu, dengan alasan basi yaitu agar keep in touch dengan keluarga dan teman-teman dekat yang sebenarnya bisa dengan inbox, yang alasan sebenarnya hanya ingin memperbaharui status di segala lini, dan memenuhi linimasa teman-teman di media sosial, yang akhirnya berujung banyak disindir (saat kembali ke tanah air) karena suka pamer (tapi gak papah. Hal ini bisa terwujud karena kami menyewa wi-fi walker yang diperkenalkan temen gw di Tokyo (ini bukan iklan hanya kepuasan penulis saja), mungkin temen gw di sana kasihan melihat kami yang semuanya sibuk online saat tiba di rumahnya dengan menggunakan fasilitas gratis.

Wi-fi walker ini sangat praktis karena ukurannya yang kecil, sinyal 4G, dan penyewaannya tidak sulit. Saat itu kami menyewa dengan menggunakan kartu kredit temen gw yang tinggal di Tokyo, dengan membayar 670 yen/hari, dan jumlah hari sudah ditentukan pada pembayaran pertama. Sistemnya adalah wi-fi kita pegang dan dikembalikan pada saat masa peminjaman habis. Dikembalikannya bisa menggunakan pos dimanapun di seluruh Jepang (jangan di bawa keluar Jepang yah). Saat itu kami menyewa wifi walker di Tokyo dan mengembalikannya di Osaka. Tenang saja masalah pengembalian karena pada saat menyewa sudah disediakan amplop dan perangko untuk diposkan.

Bagaimana tingkat kepuasan? Sangat puas karena selama kami memegang ini, segala hal berkaitan dengan internet sangat lancar dimanapun dan kapanpun. Walaupun kami pakai bertiga, unlimited vouchernya tidak pernah menjadi lambat bahkan sampai hari terakhir peminjaman, pokoknya gak akan sama dengan provider beriming-iming unlimited dan ternyata saat quota internet sudah minim, berselancar di dunia mayanya jadi sangat lambat, bahkan lebih lambat dari jalan keong atau kura-kura.

Sedikit saran dari gw, untuk menyewa ini agar lebih murah, lebih tepat bila berangkatnya ramean, 3-4 orang, jadi biayanya bisa dibagi rata dan harganya menjadi lebih murah karena pembayaran berdasarkan hari, bukan kuota internet.

Ada yang pernah menggunakan wi-fi walker selama di Jepang? Atau fasilitas lainnya, ada yang lebih murah dan menarik untuk di coba? Oh yah, selain kartu Docomo yang diceritakan Dion.