impian menjadi nyata! mungkin itu kalimat yang tepat untuk perjalanku kali ini. lama sekali memimpikan untuk bisa liburan ke- kepulauan derawan, ternyata secara tak terduga! teman ngajakin.. lebih terasa menyenangkan, karena banyak hal yang akhirnya bisa dinikmati secara GRATIS, hahaaha.. beruntung banget dah punya banyak teman!

oke, kalo boleh ngasih tips nih yah, ternyata bisa ko nyampe derawan dengan biaya yang nggak terlalu mahal..

check this out yooooo..

untuk yang tinggal di sangatta dan sekitarnya, sebaiknya menggunakan jalan darat! kalo dipikir-pikir ini cara yang paling tepat. perjalanan darat di tempuh sekitar sepuluh jam (sangatta – berau) dengan biaya Rp.300.000,- menggunakan travel (avanza/xenia), untuk angkutan ini biasanya banyak mangkal di jalan road 9 kampung tator atau di rumah makan sangkulirang tl.lingga.

untuk teman-teman luar kalimantan bisa menggunakan jalur udara, dengan tujuan berau untuk tiket pesawat harga lebih variatip tergantung kota asal. setelah itu melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan tanjung batu, dari kota berau menuju pelabuhan tanjung batu biaya perorang Rp. 80.000,- carilah travel yang memang tujuan tanjung batu, soalnya kalo lain jalur tersebut akan di patok harga yang bisa bikin kalian nangis darah..

dari pelabuhan tanjung batu untuk menuju pulau derawan di patok harga Rp.80.000,- untuk speedboat reguler (bisa jadi Rp. 50.000,- kalo punya kenalan motoris boat)Β Β  dan Rp. 300.000 untuk carter (penumpan 3 org), untuk rute one way!

untuk keliling tiga pulau yang sangat tersohor di kepulauan derawan, pulau sangalaki (tempat konservasi penyu hijau, hunian ikan pari manta), pulau kakaban (habitat ubur-ubur nggak beracun / snorkeling), pulau maratua (perkampungan/cottage) di patok harga Rp. 1.300.000,- (satu speedboat) dengan jumlah penumpang 3-4 org, dan Rp. 3.900.000,- untuk speedboat dengan kapasitas 15-20 org..

kalo datangnya sendiri atau cuma berdua, sangat di sarankan share speedboat aja karena akan jadi lebih murah (seperti pengalaman aku), hehehehe.. sedangkan untuk cottage /nite nya Rp. 350.000,- (derawan cottage) satu kamar isi 2 org plus 1 extrabed, untuk menghemat sih lebih baik nginapnya di home stay aja, untuk di pulau derawan sendiri hampir di setiap rumah warga di jadikan home stay, untuk home stay /nite Rp. 180.000,- (1 kamar maksimal 4 org)..

so..mari berkemas dan siapkan dirimu menuju kepulauan nan indah ini, jangan lupa bawalah bekal berupa air mineral dan cemilan-cemilan yang mungkin akan sangat di perlukan..