Ini cerita yang tiba-tiba muncul dan ingin dibagian di sini. Buat yang sering membaca blog kami mungkin sudah sering mendapati kalimat-kalimat yang menyentil tentang perjalanan cepat kami ke beberapa tempat di Asia Tenggara di awal tahun 2014, dan salah satunya adalah Siem Reap. Dibandingkan ibukota negara tersebut kami memilih Siem Reap mungkin sama dengan alasan wisatawan lain yang tertarik dengan kemegahan Angkor Wat yang menjadi maskot kota ini. Angkor Wat sebagai maskot mungkin bisa terlihat dari penamaan tempat-tempat usaha yang umumnya pasti mengandung “Angkor”. Tetapi kali ini kami belum bisa bercerita banyak tentang itu, kami hanya akan bercerita secara singkat tentang satu jalan yang tidak terlalu besar untuk disebut sebagai jalan, tetapi juga tidak terlalu sempit, yaitu Alley West yang menjadi bagian dari Old Market Area.

Alley1Detail kedua jalan ini mungkin tidak akan kami ceritakan selain karena hal itu akan banyak ditemukan di situs-situs yang membahas Siem Reap, juga karena pada saat kami mendatangi lokasi tersebut, saat itu masih pagi, kegiatan rupanya belum banyak dimulai, hanya sedikit toko yang sudah buka, sehingga kami tidak bisa berlama-lama, walaupun ingin.

Alley3Alley4Singkatnya, hal yang membuat kami terkenang akan tempat ini adalah jajaran bangunan yang memiliki desain unik dan menarik yang berdesakan mengisi bagian kiri dan kanan lorong jalan tersebut. Sungguh menyenangkan melihat tempat yang tertata bersih, rapi, dan sedap dipandang, walauh hanya sebagian kecil di Kamboja yang umumnya gersang dan tidak bersih saat perjalanan kami ke Kamboja, terutama di daerah yang berdekatan dengan pasar tradisional.

Alley6Jadi, bila teman-teman memiliki kesempatan berkunjung ke Kamboja, mungkin bisa singgah ke Alley West yang juga sudah terkenal akan keunikan, kecantikan, dan kebersihannya.Alley5