pernah dengar pulau beras basah..??
mungkin bagi banyak orang pulau ini terdengar asing dan lucu, yah pulau beras basah, pulau ini diberi nama beras basah karena bentuk pulau yang menyerupai gundukan beras yang sedang basah, hehehe..
pulau beras basah ini terletak di selat makassar timur kalimantan, berada di kota bontang – kalimantan timur.
bagi warga bontang, pulau beras basah ini merupakan salah satu tujuan wisata..
pulau yang bisa di bilang unyu-unyu ini (karena kecil a.k.a nggak luas) sangat mempesona.. dengan hamparan pasir putih, mercusuar yang menjulang tinggi dan keindahan bawah lautnya, nggak salah kalau pulau beras basah ini adalah tujuan wisata yang wajib di kunjungi bila kita sedang berada dikota bontang..
nggak terlalu sukar akses untuk menuju pulau ini, kita bisa menggunakan dermaga pt. badak ngl (kalo ada kenalan), atau dermaga tanjung limau dan satu lagi dermaga tanjung laut (kalo boleh saranin sih, dermaga yang ke-3)..
perjalanan laut di tempuh sekitar empat puluh menit menggunakan kapal-kapal nelayan yang bersandar di dermaga, dengan harga kapal, 600.000 sampai 800.000 (untuk satu kapal yang bisa diisi sekitar 20’an orang) ini udah pergi pulang..
dan biasanya pulau ini akan sangat ramai di kunjungi bila liburan, karena geliat wisata yang sedang berkembang di kalimantan timur, pengunjung pulau ini tidak hanya warga bontang, tapi warga yang ada di sekitar kota bontang bahkan ada wisatawan yang datang dari luar kalimantan timur..
tidak hanya pemandangan pantai saja, pulau beras basah juga menjadi andalan bagi para pencinta diving dan snorkeling, dan untuk para penyuka permainan air di pulau ini menyediakan permainan banana boat..
jadi, sempatkanlah diri untuk menengok pulau beras basah bila sedang berada di kota bontang, sangat disarankan berkunjung pada saat TIDAK MUSIM LIBURAN agar bisa leluasa menikmati pulau nan indah ini..

IMG_3306
dermaga tanjung laut, bontang
IMG_3125
pulau beras basah
IMG_3226
mercusuar yang menjulang tinggi
IMG_3132
pemndangan bawah laut

IMG_3204IMG_3242IMG_3115mari jalan – jalan dan senang – senang yukkssss.. ^^