Kunjungan ini dilakukan pada akhir April 2013. Seperti perjalanan umumnya ke Kyoto, selalu dikunjungi dengan kunjungan ke kuil-kuil yang usianya udah ratusan tahun, masuk dalam daftar UNESCO World Heritage yang sebagian besar karena keindahannya, kekuatannya, dan sejarah yang disimpannya, hinga bisa bertahan melawan waktu. Banyak pilihan sebenarnya mau mengunjungi kuil mana saja di Kyoto karena di kota ini sendiri mempunyai banyak kuil, tetapi karena keterbatasan waktu dan dikarenakan kami berfikir kaki dan badan ini tak akan sanggup menghampiri semua kuil, belum lagi ditambah, pengetahuan yang minim akan kuil-kuil ini membuat kami merasa tidak akan merasakan perbedaannya, maka diputuskan saat itu untuk mengunjungi beberapa kuil yang sudah ternama (culas yah). Sehari waktu yang kami miliki saat itu, jadi setelah mengalami beberapa kebingungan, waktu perjalanan dengan jalan kaki, kereta, dan bus, ditambah terjebak macet, akhirnya, saat itu kami hanya sanggup mengunjungi empat kuil dari 10 kuil yang kami rencanakan diawal dengan begitu ambisius. Jadi berikut empat kuil yang bisa kami kunjungi dan menyebar di segala penjuru Kyoto.

Fushimi Inari-taisha Shrine

Fushimi InariiKuil yang terkenal luas karena keindahan puluhan ribu Torii berwarna orange yang tersusun cantik ini sengaja menjadi yang pertama kami kunjungi, selain karena jaraknya yang dekat dari Stasiun Kyoto (sekitar 5 menit dengan kereta), kuil ini dibuka paling pagi dan bebas biaya masuk. Mengunjungi kuil ini dibutuhkan kaki yang kuat untuk mendaki sampai kepuncak dengan hadiah pemandangan kota Kyoto (walau kami gak mampu sampai ke atas), selain itu jangan lupa membawa kamera karena sepanjang kaki melangkah, kuil ini sangat cantik. Selalu menjadi target para pemotret, dari yang amatiran sampai ahlinya, dan jangan lupa, membawa hati yang mau bersabar mendapat kesempatan untuk memotret saat kosong, atau sekedar mengantri karena para pengunjung yang padat, khususnya di saat-saat liburan.

Tenryuji Temple

Tenryu-ji TempleKuil yang berada di belahan barat Kyoto ini, menjadi pilihan kami berikutnya. Sebelum ke kuil ini kami menyempatkan diri menikmati kesejukan pemandangan di ‘Togetsukyo Bridge’ (akan dibuat di-posting-an yang lain). Tenryuji Temple disebut-sebut sebagai kuil yang paling pentik di Kyoto, menduduki peringkat pertama untuk kuil ‘Zen’. Menurut gw, tatanan di kuil ini; dari halaman, taman, dan kayu-kayu penyusun kuil memberikan efek yang menenangkan dan juga menyegarkan mata. Menyenangkan berada di kuil ini, bila melupakan faktor berdesakan dengan banyaknya pengunjung yang lain. Kelebihan lain kuil ini, kita akan diarahkan keluar melalui pintu utara yang di sepanjang kedua sisinya dihiasi dengan bambu yang tak kalah menyegarkan. Ah, mengingat kenangan itu saja sudah cukup menyenangkan.

Tenryu-ji's GardenBamboo GrovesKinkakuji Temple

Kinkakuji TempleKuil yang fotonya sering kita temui difoto-foto kalender dan wallpaper ini sepertinya memang susah untuk dilewatkan bila berkunjung ke Kyoto, walaupun jaraknya jauh dari pusat kota (masih di bagian barat), dan kami harus bekejaran dengan waktu. Kuil berlapis emas ini, walaupun tidak bisa kita sentuh, apalagi dimasuki, tetap saja mengundang banyak pengunjung seperti kami yang rela berdesak-desakan untuk mendapat posisi terbaik bak fotografer kenamaan untuk menangkap keindahannya.

Kinkakuji Temple 2Kunjungan ke Kinkakuji mungkin akan lebih menyenangkan bila dilakukakn di saat-saat sepi yang mungkin juga akan susah didapatkan.

Kiyomizudera Temple

Kiyomizudera TempleKiyomizudera Temple, jadi ingat bagaimana susahnya kami ke sini, kaki sampai beneran gempor hanya karna harus melihat bagaimana bentuk kuil yang sering menduduki peringkat pertama di Kyoto untuk kuil yang paling menarik minat pengunjung. Kuil yang terletak di puncak ini, memang memiliki pemandangan yang indah, saat gw dan teman-teman berkunjung adalah musim semi, kuil ini menunjukkan kesegarannya, dan menurut info, kuil ini menjadi pilihan nomor satu pada musim gugur, di mana daun-daun berubah warna dari coklat sampai merah. Gw benar-benar menunggu saat itu.

Kiyomizudera's view
Pepohonan hijau yang siap berubah warna dan menunjukkan pemandangan spektakuler saat musimnya

Itu empat kuil yang sempat kami kunjungi, semoga dilain waktu bisa melihat keindahan lebih dari yang di foto-foto gw yang tak seberapa ini dari kamera yang gak kalah tak seberapa.

-Kyoto see you soon- :D  <3  \^0^/