Okeh, ini di luar kebiasaan kami untuk memberikan review tentang penginapan karena pada dasarnya kami ini bisa tidur di mana ajah, wong tidur di bandara, beralaskan sarung bali, bantal ransel kami ajah sudah sampai membuat pemilik lapak sebelah kaget – kaget sampai bengek lantaran mendengar  kami bisa sampai berbalas-balasan dengkur, yang kami sih merasanya bak  Mariah Carey dan alm. Whitney Houston waktu duet lagu ‘When You Believe’. Snap the crap. Intinya gw kali ini mau berbagi tentang satu hostel di Siem Reap yang murah, dan mungkin gak begitu sering didengar, gak punya reputasi di kalangan backpackers (atau kami yang gak tau), tapi setelah menghabiskan semalam di sana kami cukup puas. Mungkin bukan karena hal yang dicari-cari semua pengejar kamar murah, tetapi lebih terkesan pada keramahan pemiliknya dan hal ini yang membuat gw suka menyarankan teman-teman yang mau jalan ke Siem Reap (terutama solo traveller) dan butuh tempat murah dan menyenangkan untuk ke hostel ini.

Angkor Wonder Hostel, nama penginapannya, berawal dari mencari penginapan super murah, akhirnya dengan biaya $4 USD semalam kami berhasil memesan kamar di sini. Satu yang salah dari kami adalah, di halaman depan web hostel ini diberitahukan bahwa ada jemputan dari bandara ke hostel asal memberi info waktu kedatangan, dan bodohnya kami gak melakukan itu karna berfikir itu hal yang mudah. Ternyata salah, setelah debat kusir dengan supir tuktuk independen yang terkenal menyebalkan, akhirnya sampailah kami di depan hostel ini. Tampak depan tidak menarik memang karena kita hanya disambut gapura yang pas untuk ukuran kami masuki, awalnya kondisi ini membuat kami shock dan berfikir yah sesuailah dengan harga, you’ll get what you’ve paid, girls. Masuk ke resepsionis, lumayanlah dari pada mayun, setidaknya kehadiran beberapa pejalan lain yang gak kalah lusuh membuat kami berfikir, kami bukan satu-satunya calon pelanggan di sini. Sambil menunggu giliran check in yang belum bisa dilakukan karena kami datang kepagian (jam 8 pagi) dan kamar kosong belum ada, jadilah kami jalan-jalan dulu, ngesot sedikit ke Central Market yang bisa ditempuh sekitar 10 menit berjalan kaki (nilai plus-nya).

Kasak-kusuk, kasak-kusuk, jam 9 kembali ke penginapan dan untungnya ada yang check out , dan dengan ngosh-ngoshan melalui tangga, sampai juga kami ke lantai tiga.

Masuk kamar, kami sedikit bahagia, kamarnya begitu lapang dan bersih, lengkap dengan lemari, meja, dan tivi yang tidak pernah kami nyalakan sedikitpun. Selain itu, dilengkapi dengan handuk. Okeh, tidak mengecewakan untuk kamar dengan harga murah, tetapi satu yang agak membuat gw geli (dalam artian negatif) adalah kamar mandinya sekilas nampak bersih, tetapi lantainya begitu licin, sepertinya kurang disikat, jadi kalo mau menggunakan toilet harus sedikit berhati – hati. Yah sekilas begitulah kondisi kamar.

20140116_112255Angkor Wonder HostelJadi, hal yang membuat kami tertarik menyarankan hostel ini adalah pelayanan pemiliknya. Dia tidak terlihat berusaha keras untuk beramah-tamah, tetapi lebih memberikan bantuan yang mempermudah. Mungkin karena pemiliknya pria. Dia akan bertanya dengan sopan tujuannya mau ke mana saja hari itu dan akan memberikan masukan dari segi transportasi dan rute. Untuk daerah yang terkenal dengan tipu-tipunya, pemilik hostel ini sangat membantu, menyediakan supir tuktuk yang terpercaya (di luar dia dapat jatah atau gak yah), gak maksa. Dan yang sangat berasa adalah dia memberi petunjuk tentang Angkor Wat Compex, rute mana saja yang tersedia, bagaimana sebaiknya ke sana bila menggunakan sepeda, tuktuk, ataupun kendaraan lain, dan dia juga memberikan buku-buku pendamping yang mau di baca. Membantu.

Yah, intinya selama di sana, pemilik dan para asistennya sangat membantu para pelanggan. Jadi, buat teman-teman yang ingin mendapat penginapan murah dan lumayan (daripada mayun), bisa memesan kamar di jasa-jasa penyedia pemesanan kamar internationl.

Angkor Wonder Hostel

#59,Street Phsar Krom, Vihear Chen Village, Svay Dang Kum, Siem Reap, Cambodia

Advertisements