Sydney contreng, Katoomba contreng (walau kena badai), Canberra contreng, makan contreng, ngelihat Kangoroo dan Koala contreng, wisata bangunan tua contreng. Semua sudah, sekarang waktunya acara wajib; mencari oleh – oleh. Yups, sudah jadi salah satu rutinitas kami untuk mencari oleh-oleh di tempat bepergian. Rasanya gak Indonesia banget kalo gak bawa oleh-oleh dari suatu tempat yang dikunjungi, mau itu kunjungan kerja ataupun liburan. Apalagi saat itu, Sydney adalah daerah terjauh yang sudah dijangkau oleh kaki tak-jenjang gw, walaupun ‘hanya’ dipisahkan oleh Samudera Hindia, benua tempatnya berada terasa sangat jauh, apalagi kalo pake ketinting, atau lebih jauh lagi kalo berenang (apa seh). Pendek cerita, berikut tempat kami membeli buah tangan dari Sydney dan pastinya daerah sekitarnya.

Coles, King Cross

Coles ini mungkin bisa disamakan dengan Hypermart, Giant, atau supermarket besar lainnya di Indonesia, menjual berbagai macam kebutuhan dasar, terutama makanan yang tersebar luas di Sydney. Saat itu secara gak sengaja kami ke Coles dan menemukan beberapa cemilan yang relatif murah dan bisa dijadikan oleh-oleh seperti permen, coklat, dan crackers. Harga cemilan ini bervariasi, untuk yang satuan, gw memilih yang berharga <$1.00 – 3 AUD dan untuk yang i kantong dengan isi banyak berkisar antara $5-10 AUD.

Coles & Aldi

Aldi Stores, Waterloo

Gw tau Aldi Stores lagi-lagi referensi dari temen gw Ibam. Barang yang gw beli sama dengan yang gw dapet di Coles, tetapi dengan harga yang lebih murah dan kelebihan toko ini adalah pilihan makanannya lebih banyak. Gw menyarankan bagi yang memilih makanan kemasan sebagai oleh-oleh, sebaiknya beli di Aldi Store dibandingkan toko lain.

The British Lolly Shop, King Cross

Toko khusus permen yang diimpor langsung dari Inggris di daerah King Cross ini secara gak sengaja kami masuki karena tertarik dengan dispaly­­-nya yang menyolok mata. Toko ini mudah dikenali di antara kerumunan bar dan adult shop. Selain display yang menarik oleh warna yang beragam dan cerah, dan bentuk – bentuk coklat dan permen yang unik dan bervariasi, pemilik toko ini sangat ramah. Dia  menyapa seluruh pelanggan yang mampir ke tokonya dengan ramah, mengajak berkomunikasi, dan memberikan coklat dan permen untuk dicobai, jadi kami senang di toko ini (terutama karna bagian yang terakhir). Harga ditawarkan di toko ini beragam, seperti bentuk, warna, dan ukurannya yang beragam juga. Bagi penggemar coklat dan cemilan manisan gak rugi sepertinya bila mampir ke toko ini, setidaknya bila tidak membeli bisa cuci mata ngeliat coklat dan permen berbentuk imut dan lucu.Waktu itu coklat imut yang gw beli berkisar antara $4-7 AUD yang isinya satu kantong 3-4 butir (berdiameter sekitar 2 cm perbutirnya).

LollyPaddy’s Market, Chinatown, Hay Market Street

Paddy'sPaddy’s Market ini merupakan salah satu tempat berburu oleh-oleh yang sudah cukup terkenal di Sydney terutama dikalangan Asia. Seperti tempat pusat sovenir ini berada di Chinatown, penjualnyapun umumnya orang Cina dan beberapa yang kami temui juga orang Ondonesia (yang akhirnya memberikan kami diskon). Pasar yang bisa dicapai dengan tram ini sebagian besar buatan Cina, oleh karena itu harganya relatif murah dan masih bisa ditawar. Dari luar pusat oleh-oleh ini tampak seperti bangunan di Sydney pada umumnya, tetapi saat masuk memang serasa di salah satu pusat belanja di Asia dengan bilik-bilik yang kecil dan jalan setapak.

ChinatownBila teman – teman pernah dapat buah tangan berupa boneka koala yang kecil sedang menggantung di bendara Australia, atau gantungan kunci icon Sydney, tempelan kulkas, baju kaos yang berbau Sydney, tas koala, boneka, atau apapun itu yang berbau kanguru dan koala, namun tulisannya “made in China” disinilah tempat oleh-oleh tersebut di beli. Untuk harga barang – barang tersebut bervariasi tergantung ukuran dan jenis bahan, tapi saat itu saya membatasi diri dengan membeli paket-paket yang berkisar $5-10 AUD dan hasilnya adalah satu koper tambahan khusus untuk oleh-oleh. Aldi Departement Store, Surry Hills

Australian Geographic, Macquarie Shopping Centre

20121102_092254Menurut promosi di kasir ataupun tulisan-tulisan di barang yang gw beli, barang yang ada di toko ini merupakan produk asli Australia, itu sebabnya harganya lebih mahal daripada barang grosiran yang gw beli di Paddy’s, Chinatown hari sebelumnya, contohnya untuk satu gantungan kunci di toko ini, gw beli dengan harga dua kali lipat dari yang di Paddy’s yang isinya bisa 3-4 biji. Tetapi, harga ini memang sesuai dengan kualitas barangnya; bahan dan model lebih baik daripada di Paddy’s. Harganya juga sangat bervariasi. Di toko ini, lagi – lagi gw membeli gantungan kunci dan satu hiasan meja rakitan dengan harga $9 – 17 AUD belum termasuk pajak sebesar 9%.

Taronga Zoo Shop

DSCN7655Bila mampir ke Taronga Zoo dan ingin memiliki miniatur dari hewan-hewan yang ada di dalam kebun binatang dalam berbagai bentuk, khususnya binatang khas Australia sebaiknya menyempatkan diri beli di toko yang ada di kawasan kebun binatang ini. Lokasinya berada di depan tempat pembelian tiket masuk ke kebun binatang.

IMG_20130403_084307Blue Mountain

Gw sempat singgung di-post sebelumnya bahwa saat mengunjungi daerah di luar Sydney dan ingin mempunya barang khasnya, pastikan untuk membeli langsung di daerah yang dikunjungi tersebut, jangan seperti kami yang beranggapan sovenirnya bisa di dapat dipusat oleh-oleh Sydney karena kami tidak menemukan itu, seperti barang dari Blue Mountain ini. Di sepanjang jalan akan ditemui beberapa toko yang menjual sovenir, jadi pastikan untuk mampir membeli. Gw gak lupa harganya karena tidak membeli sama sekali (dan menyesal).

The Parliament Shop (9.00 am – 5.00 pm)

Saat berkunjung ke Canberra, satu-satunya tempat yang kami temui menjual sovenir adalah Parliament Shop yang buka dari pukul 09:00 – 17:00. Barang yang ditawarkan umumnya seperti yang ditemukan di Paddy’s Market, tetapi mengusung ciri khas Canberra dan tidak akan ditemukan di Paddy’s Market, Sydney. Pastinya harga barang di toko ini lebih mahal dibandingkan Paddy’s karena bahannya lumayan bagus.

Nah, itu beberapa tempat kami membeli oleh-oleh saat ke Sydney setahun silam. Ada tambahan bisa di bagikan di bawah.

Selamat berburu oleh – oleh (murah)!!!