let’s talk about angkor!! jadi angkor ini dulunya adalah kerajaan khmer lama pada abad ke-9 sampai abad ke-15M, istilah angkor sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya ‘nagara’ yang berarti negara, komplek angkor sendiri berdiri di padang yang cukup luas, luasnya mungkin separuh negara kamboja kali yah (sotakk)! angkor sebelahan banget dengan kota siem reap, kamboja dan merupakan situs warisan dunia..

komplek angkor dipenuhi banyak sekali situs arkeologi penting, sekitar tiga puluh lebih candi dan belum termasuk kolam buatan, dan masih banyak lagi yang tersebar di seputaran kamboja..mengingat luasnya kompleks angkor ini, emang nggak cukup kalo cuma sehari aja, kecuali niatnya cuma liat, ngambil photo dan eceng-eceng sebentar dan dari waktu yang cuma kurang lebih sepuluh jam, belum dipotong perjalanan bolak balik naik sepeda dengan jarak lima puluh kilo meter dan dengan kecepatan keong pingsan, lamaan diperjalanan ketimbang di objek wisatanya sendiri..dan inilah yang tertangkap kamera dan ingatan kami..

Pos Penjualan Tiket

ini semacam check pointnya, jadi mampir dulu buat membeli tiket masuk, untuk 1 hari seharga 20 dollar, 3 hari 40 dollar dan 6 hari 60 dollar,, harga yang pantas untuk situs yang nilainyanya mendunia ini..

Image

Prasat Kravan

saat disimpang jalan aku ma yuna sempat mikir mau muterin angkor wat dulu atau yang lainnya, akhirnya kita setuju ke kanan dan inilah kuil yang pertama kita temui, prasat kravan yang dalam bahasa khmer berarti ‘bunga kenanga champa’ .nggak terlalu besar, kecil aja! terdiri dari lima menara merah dengan bahan bata.

Image

Banteay Kdei

Artinya ‘benteng berkamar’ dalam bahasa khmer, karena benteng ini dulunya merupakan tempat tinggal para biksu, didirikan pada masa pemerintahan raja jayawarman VII.

Image

Image

Srah Srang

Srah srang adalah sebuah baray (kolam penampungan air), lokasinya persis di depan banteay kdei.

Image

Ta Prohm

nggak seperti kuil lainnya yang sedang dalam pemugaran, ta prohm ini dibiarkan dengan bentuk aslinya tepat seperti pertama kali ditemukan, tapi justru hal inilah yang membuat ta prohm nampak sangat photogenic dengan suasana rimba yang liar, membiarkan tubuh kuil-kuil ini dililit oleh akar-akar pohon dan karena keunikan inilah ta prohm menjadi salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. dan mbak Angelina jolie samakin menambah popularitas kuil ini dengan menjadikannya sebagai lokasi syuting thom raider.

Image

Image

Image

Angkor Thom

Angkor thom adalah reruntuhan komplek ibukota kerajaan khmer kuno, kamboja. Didirikan oleh raja jayawarman ke VII.angkor thom juga berarti ‘kota besar’ dalam bahasa khmer. Diantara semua bangunan kuil. Angkor thom inilah yang paling luas.

Image

Teras Gajah

Teras ini dulunya digunakan sebagai panggung kehormatan untuk upacara dan menyaksikan pawai tentara kerajaan yang baru pulang berperang, oleh raja jayawarman VII.

Image

Bayon

Pada kuil bayon ini terdapat banyak pahatan wajah berukuran raksasa dengan ekspresi yang tenan, teduh ang anggun, terukir pada menara-menara kuil yang mengelilingi puncak utama.

Image

Angkor Wat

Maskot utama negara kamboja, dan satu-satunya kuil yang terdapat pada mata uang, angkor wat salah satu dari keajaiban dunia, dibangun oleh raja suryawarnam II pada pertengahan abad ke-12 dan menghabiskan waktu sekitar tiga puluh tahun untuk membangunnya. Bentuk bangunan sendiri mirip – mirip dengan candi prambanan yang terdapat di Indonesia.

Image

Related Posts;

http://yuspiyeniewang.blogspot.com/2014/02/kompleks-angkor-kamboja.html

http://yuspiyeniewang.blogspot.com/2014/02/haru-biru-seputaran-angkor-wat-kamboja.html