Salah satu penarik minat gw untuk nyamperin suatu area adalah bangunan yang menyimpan sejarah. Bukannya maniak sejarah atau jago dengan sejarah, gw nol banget, bahkan kalo boleh jujur sejarah Indonesiapun gw kaco banget dah. Mungkin alasan paling sederhana gw mengunjungi bangunan-bangunan itu karena kagum aja, dengan kemegahannya yang bisa tetap berdiri melawan waktu, membawa cerita yang orang mungkin gak tau kalo cerita itu ada, tanpa bangunan ini. Cukup bertahan dari peluruhan waktu aja sudah keren, apalagi umumnya bangunan itu indah-indah. Bangunan tersebut mempunyai nilai.

Kali ini masih cerita dari Sydney (gak habis-habis yah), dari beberapa monumen yang kami singgahi, baik itu berupa monumen patung, museum, dan bahkan air mancur, ‘Anzac War Memorial’ yang ada di Sydney merupakan favorite gw. Elegan. Mungkin itu kata yang menggambarkan bangunan ini dari sudat pandang gw yang awam. Monumen lain mungkin tidak kalah indah dan megah, tetapi museum inilah yang mampu membuat gw lumayan lama menatap satu-satu isinya.

‘Anzac War Memorial’ terletak di sebelah barat persimpangan jalan antara Elizabeth Street dan Liverpool Street, tepat di tengah dari pintu selatan Hyde Park, Sydney.

Pintu selatan Anzac War Memorial
Pintu selatan Anzac War Memorial

Anzac war Memorial dan “Pool of Reflection” adalah bangunan yang mengusung gaya arsitektur Art Deco, didesain oleh C Bruce Dellit (1900-1942), kemudian dibangun pada tahun 1919 dan memenangkan hadiah pertama kompetisi arsitektur yang paling bergengsi di masa itu. Monumen ini dibangun dari hasil pengumpulan dana dan dipersembahkan bagi mereka yang berjasa ataupun menjadi korban pada Perang Dunia I. Gedung ini memiliki pintu masuk dari 4 arah dengan tangga yang didesain melingkar.

InteriorTangga utara dan selatan menuju ke ‘Hall of Memory’, sedangkan tangga timur dan barat turun ke arah ‘Hall of Silence’. Naik ke ‘Hall of Memory’, terdapat pemandangan yang menarik. Bila kita mendongakkan kepala, melihat ke langit-langitnya, mata akan dimanjakan dengan ribuan bintang emas, lebih tepatnya 120.000 bintang emas yang tertempel setinggi 26 meter dari lantai kita berpijak. Bintang – bintang tersebut dipasang sebagai penghargaan kepada warga New South Wales yang dikirim dan gugur pada Perang Dunia I. Atau juga yang selamat dari medan perang, namun mengalami gangguan kesehatan baik secara fisik maupun mental pasca perang.

Golden stars di langit-langitnya
Golden stars di langit-langitnya

Pemandangan berbeda dan juga tak kalah menarik kita dapatkan bila kita menundukkan kepala, ke tengah ruangan dengan bentuk lingkaran di bawah kita. Patung Pengorbanan yang merupakan karya Raynor Hoff akan terlihat tepat di tengah ‘Hall of Silence’. Dari lantai atas, bila kita melihat patung ini, secara alamiah membuat kita menundukkan kepala, secara tak sadar kita dianggap telah memberikan penghormatan. *keren, gimana cara sang desainer memikirkan hal sesederhana itu*.

Patung Pengorbanan
Patung Pengorbanan

Anzac interior2Di atas pintu barat dan timur terdapat pajangan kegiatan-kegiatan dari ‘Australian Infantry Forces’ (AIF). Di bagian timur menggambarkan gerbang timur seperti Gallipoli, Jalur Kereta, Army Service Corps, Army Medical Corps, Light Horse, Camel Corps, Signal Unit, Infantery, Artillery, Machine Gunners, dan Pioner. Sedangkan rekaman AIF di bagian barat menunjukkan Air Force, Cycle Corps, Artillery, Army Medical Corps, Bombers, Engineers, Tank Corps, Pioners, dan Infantery.

Anzac interiorSetelah berpuas hati menikmati keanggunan Anzac War Memorial dan jejak-jejak Perang Dunia I bagi warga New South Wales dan juga dunia, gw keluar melalui pintu utara dan disambut keteduhan dari ‘Pool of Reflection’ dan kesejukan ‘Hyde Park’.

Pool of Reflection  ke arah Hyde Park

Mungkin pemahaman gw tentang museum ini hanya sebatas ini, dan sebagian juga terjemahan, tapi gw benar-benar menikmati saat berada di museum ini.

Anzac War Memorial dan 'Pool of reflection' dari utara Hyde Park
Anzac War Memorial dan ‘Pool of reflection’ dari utara Hyde Park

Diterjemahkan dari

http://www.cityofsydney.nsw.gov.au/AboutSydney/HistoryAndArchives/SydneyHistory/HistoricBuildings