Buat sebagian besar orang Indonesia, bepergian itu, salah satu tujuannya adalah beli oleh-oleh. Hehehehhe. Gak dink, mungkin buat gw, kebiasaan di keluarga, lebih baik gak usah balik kalo gak bawa oleh-oleh, apalagi kalo cuma foto-foto gw di sana, itu lebih baik simpen sendiri ajah, atau boleh ditunjukin setelah habis bagi-bagi oleh-oleh (ini berlebihan koq). So, mengingat kalo gw balik yang mesti di kasih oleh-oleh bisa beberapa er-te, alhasil gw sukanya beli di tempat yang terjangkau. Saat gw jalan ke Jepang ada beberapa tempat yang menurut gw cukup bagus disinggahin untuk berburu oleh-oleh dan souvenir yang khas dan harganya gak mencekik leher apalagi dompet, untuk ukuran di negara itu yah. nah, sekarang bagi info untuk daerah Tokyo dan sekitarnya dulu ye.

3 Coins di Kawagoe, Saitama Perfecture.

Tempat ini mungkin sudah terkenal (padahal gw baru denger dari Liz waktu nemu tokonya di Kawagoe karna gw gak tukang belanja). Nah di sini mungkin lebih cocok untuk para wanita karena banyak barang-barang yang lucu super imut, pernak pernik, dan sebagian besar untuk di kamar. 3 coins ini menggambarkan hampir sebagian harga barangnya adalah Β₯300 belum termasuk pajak (3 coin Β₯100) setara dengan IDR 30,000 yang pasti harganya termasuk murah untuk kualitas barang yang bagus dan lucu, serta unik. Mungkin kalo sampai di tanah air, barang yang sama harga jauh beda. Selain itu rasanya beda ajah kalo beli di luarπŸ˜‰, namanya juga oleh-oleh *grin*.

AEON Supermarket, Shinonome, Tokyo

Cemilan dari AEON
Cemilan dari AEON

Untuk supermarket ini dikhususkan untuk oleh-oleh makanan dan cemilan khas Jepang. Ini gw juga ditunjukkan sama temen yang tinggal di Tokyo. Untuk harga makanan perbungkus besar memang lumayan murah, harganya Β½-1/3 dari toko besar lainnya. Di sini gw banyak borong seperti ramen instant, coklat, permen, dan makanan ringan lainnya. Kemungkinan berlaku untuk AEON Supermarket di mana saja di Jepang, tidak hanya di daerah Shinomome ini.

Daisho, Harajuku, Tokyo

Daiso Harajuku

Daisho ini juga terkenal, toko serba Β₯100 belum termasuk pajak 5% (ingat semua barang di Jepang dikenakan pajak rata-rata 5%). Ini mungkin seperti valus di Indonesia, franchise yang bisa ditemukan di kota seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Tapi yang paling besar di Tokyo. Daisho yang sempat gw samperin di Harajuku, Tokyo, Daisho di Kyoto Station, dan Kansai International Airport. Tapi yang terbesar di Harajuku, terdiri dari tiga lantai dan lengkap dari pernak-pernik, aksesories, cemilan, alat tulis kantor, dan lain-lain. Sedangkan di Kyoto Station dan Kansai International Airport masing-masing hanya 1 toko kecil.

Hasil berburu di Daisho, sebenarnya masih banyak lagi
Hasil berburu di Daisho, sebenarnya masih banyak lagi

Nakamise Street Market, Asakusa, Tokyo

Asakusa Nakamise Shopping Street
Asakusa Nakamise Shopping Street

Hampir di setiap temple yang ramai didatangin wisatawan, selalu ada yang menjajakan jualan souvenir dan cemilan. Namun, dari beberapa kuil yang kami datengin, Nakamise Street Market di Asakusa ini termasuk tempat yang bagus untuk belanja oleh-oleh, terutama untuk yang ramean. Seperti tempat wisata pada umumnya, di sini di jual berbagai macam souvenir khas Jepang dan makanan. Dari beberapa tempat berburu oleh-oleh, dengan barang yang sama, setelah gw bandingkan di sini di jual dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih bervariasi (nyesel waktu ke sana gak belanja di pasar ini). Satu hal yang perlu diantisipasi dari tempat ini adalah tempatnya yang termasuk di pusat kota membuat temple ini sering dikunjungi dan sangat ramai di ahri-hari libur, jadi mungkin butuh sedikit kesabaran kalo mau berdesak-desakan dan memilih barang.

Nakamise 3

Nakamise 2

Nakamise 1

Dari Tokyo dan sekitarnya, yang murah menurut gw atau setidaknya terjangkau.