tarrrraaaaaaa..
sebenarnya ma adeku yang tak seberapah ini, aku diminta ‘PAKSA’ untuk ngisi liburan Singapur kita..
berhubung semua catatan hilang jadi aku ngisi yang liburan ku aja dulu yakkksss,, agak nggak penting tapi penting banget buat aku!! hahaha..

well..

tujuan liburanku kali ini agak banyak, Malang – Jogja – Salatiga – Nganjuk – Malang lagi – Balik ke rumah!! hehehe..

yang paling aku suka dari liburan adalah, keliling berbagai kota dengan dana yang minim, secara yah aku punya beberapa teman di setiap kota yang akan aku datangin! jadi lumayan menghemat biaya perjalanan (khususnya akomodasi dan makan, hehehehe..)

check this out!!

Sangatta, 17 agustus 2012

tiket travel sgt – bpn udah d tangan, tiket pesawat bpn – sub juga udah tersimpan manis di kantong ransel aku! oia, untuk tiket pesawat bpn-sub ini agak nangis darah jg belinya 1,8 (nyesel banget belinya pas high seasons) bulan mudik coyy, semua harga jadi selangit!

tapi nggak papa, kan mau seneng-seneng jadi lupakan harga tiket yang naik lebih dari 100%..

sebenarnya tujuan utama aku ke Nganjuk, desanya Mast Jack (temen yang udah kayak abang sendiri), tapi mengingat acara sukurannya baru tanggal 23 agustus, aku memutuskan untuk mengunjungi beberapa teman di beberapa tempat terlebih dahulu.

Balikpapan, 18 Agustus 2012

nyampe balikpapan subuh, alias pagi buta! aku sempatin aja ke rumah ibu (adeknya mama), skalian mandi dan sarapan pagi, lagian pesawatnya juga sore jam 5, lumayan ngelurusin badan yang udah kelipat tujuh, akibat perjalanan sgt – bpn yang nggak ada mulus-mulusnya..

Surabaya, 18 Agustus 2012

nyampe juga di kota pahlawan ini, tepat jam 00.00 tenk, oia pesawat delay hampir seabad, makanya baru nyampe surabaya sekitar jam sebelas malam, belum ngurus bagasi dan nunggu jemputan menuju malang.

oia, jemputan sengaja aku pesan duluan, antisipasi aja kalo-kalo udah kemalaman atau kesubuaan nyampe malangnya dan ternyata aku bener kan??hehehe..

sepanjang jalan surabaya – malang masih rame aja ma orang-orang yang habis konvoy takbiran, aahhhh..tradisi yang nggak pernah lekang yah, walopun saya nasrani tp kami memiliki keluarga besar yang juga merayakan idul fitri, belum lagi kalo di tempat aku tinggal, pasti udah dari sehari sebelum lebaran sibuk bantuin tetangga bungkus buras, ma nyantap-nyantap kari ayam ma ayam lengkuas (ehhmm, jadi kangen rumah)! di sepanjang jalan sempat berpikir, siapa yang bakal ngabisin hantaran tetangga yah?? hahaha..

Malang, 19 Agustus 2012

finally..kota pertama, MALANG!! nyampe malang disambut sejuknya udara pagi dan hiruk pikuk pasar sayur Blimbing.

oia, aku numpang idup di kosan ade dancer aku di gereja, namanya depong, mahasiswa tingkat akhir di STIE Kucecwara, dia juga yang nyediain travel surabaya – malang aku.

kosannya enak banget, rapi, bersih, luas dan yang paling asik keluarga boleh numpang ampe bosan baru boleh pulang!hahaha..

berhubung ini hari lebaran yang bertepatan hari minggu, kami memutuskan ke gereja terlebih dahulu, baru sungkeman ke ibu kos aku yang dulu. aku sebenernya pernah tinggal di kota ini, jadi waktu aku memutuskan liburan ke malang sama aja kayak aku pulang kampung!

aku juga nyempati jalan-jalan ke beberapa tempat yang punya kenangan manis tentang aku, dia dan kota ini (ciiiee curhat).. yang jelas, ke pasar burung splendid, alun-alun, museum brawijaya, univ.brawijaya, balai kota, agro wisata batu.

pokoknya kali ini bener-bener puas, aku ma depong muterin kota malang, masuk ke pasar-pasar tradisional berburu jajanan pasar, ampe es degan pinggir jalan juga kita sikat, hehehe..

Image

Malang dalam kenangan dan ingatanku..

Udaranya sejuk banget, malah cenderung dingin 17,8 °C

punya julukan kota kembang dan kota pelajar juga

semua orang pake bahasa Jawa dan mereka bangga pake bahasa jawa, hehe..

makanan dan jajanan pasarnya enak, aku paling suka soto ayam depan kosan aku dulu..

punya pasar burung, tapi yang di jual hampir semua jenis binatang

bangga dengan tim sepak bola mereka, malah cenderung maniak!! AREMA FC!

banyak pengusaha dari surabaya memutuskan untuk pensiun dan menetap di malang

bahasa pergaulan mereka adalah kata yang dibolak balik, contoh: ‘KERA NGALAM’ artinya arek malang!! ribet yah??

selama keliling kota malang, aku ma depong naik kambing congek alias kambing besinya anto (pacar depong)

nyempatin main ke rumah bu mus (ibu kos aku dulu), jembatan plaosan (tempatnya ecengan), stasiun baru, rumah mas elvis (tapi nggak ketemu), kampus SOB, dll.

***

Kusuma Agro Wisata, Batu – Malang, 21 Agustus 2012

Image

dari kosan depong ke kusuma agro wisata sekitar 30-45 menit, tergantung seberapa macetnya jalanan kota!

yang bikin lama dijalan adalah si-kambing congek bocor 2 kali..

biaya masuk perorang 50 ribu, dapat sawi/tomat 1paket, metik strawberry maksimal 5 buah, dapet minum tea/kopi + salad buah, juice strawberry plus puding strawberry, metik jambu biji 3 buah, metik apel 3 buah..

pertama banget kita ngunjungin kebun sawi dan tomat, disini sayuran di tanam dalam polybag..

rute kedua kita ke kebun strawberry, boleh metik cuman 4 buah, boleh nambah satu tapi makan di tempat! itu juga nyuri-nyuri, hehehe..

sebelum ke kebun apel kita break sebentar di gazeboo untuk menikmati teh dan salad buah-buahan, disini boleh nambah minum ma salad tapi tetep aja dalam porsi unyil, wkwkw..

perjalanan selanjutnya sedikit melewati lereng perkebunan, ternyata menuju jalan masuk pertama tapi beda pintu, lagi-lagi kita istirahat sejenak buat menyantap juice strawberry dan puding strawberry..

lanjuttttt!! kali ini kita menuju kebun jambu biji cooyy, tempatnya bersebelahan dengan kebun strawberry, cuman perjalanannya dibuat sedikit jauh,, lumayan ngos-ngosann juga..

the last!! kebun apel, iconnya kota batu!! whuaaahh pemandangannya cettarrrrr banget!! sejauh mata memandang terhampar luas perkebunan apel dan pegunungan yang menjulang tinggi seakan-akan menyentuh ujung-ujung langit! mengagumkan!!

PENTING!!

jangan coba-coba ngambil buah lebih dari yang dianjurkan, karna di pintu keluar akan diperiksa sama penjaganya!

tidak di sarankan memakan buah yang langsung dipetik, karena pupuknya dari kotoran binatang!

pakailah pakaian yang sesuai dengan tujuan wisatannya, karena nggak sedikit yang niatnya ke kebun apel tapi dendong ala syahrini, hasilnya glundungan di lereng kebun. untungnya nggak setinggi gunung bromo!

untuk oleh-oleh krupuk buah dan lain-lain sebaiknya beli di pasar besar (tradisional) karena harga lebih murah dan manusiawi,, hehehe..

***

Jogja, 22 Agustus 2012

next..
kali ini perjalanan akan aku teruskan ke Jogja, alih-alih akan mengunjungi eteii (lagi-lagi salah satu tim dancer aku di gereja). tadinya aku niat banget naik kereta, kayak di FTV gitu nah, sambil eceng-eceng, baca buku ataw apalah.. secara yah udah lama banget nggak naik kereta api, jadi deh aku ma depong ke stasiun kereta, begitu nyampe stasiun yang ada aku langsung sesak nafas bukan karena diriku di diagnosa bengek dan sebagainya, tapi karena jumlah penumpang kereta yang berjubel kayak nasi ketan (padat, nempel dan lengket!) bikin kita susah bergerak.

dengan sekuat tenaga aku dorong si depong biar deket ma lubang loket yang segede lubang jarum emak aku, begitu nyampe loket, si mbak loket langsung ngomong ke Jogja tinggal kereta terakhir jam lima sore harga 630 ribu!

apppaahhhhhhh?? pengen rasanya jedutin kepala ke tembok! whattttt?? wahhh, si mbak becanda? sempat aja aku balas gitu! menurut depong yah, yang katanya baru dari jogja minggu kemarin nih, harga tiket malang-jogja yang ekonomi tapi senyaman eksekutif cuman 90ribu doank! si mbak langsung jutek, kan musim lebaran mbak! harga tiket naik! balas si mbak loket rada sewot! ooowwwhhhh, aku ma depong cuman manggut-manggut nyesek..

niat naik kereta aku batalkan, dan memilih memesan travel aja, harga lebih murah 90ribu, jemput dirumah nggak bejubel dan jadi ikan kaleng, kursi empuk, cabin lapang..

setelah menempuh perjalanan kurang lebih 12jam, lagi-lagi macet! akhirnya nyampe juga di jogja jam 6 pagi, entah kenapa aku suka banget jalan malam biar bisa nyampe dikota tujuan pagi hari, padahal orang-orang lebih memilih pagi biar bisa menikmati pemandangan sih katanya.. oia sepanjang jalan si etei ma depong bolak-balik nelpon takut diriku nyasar dan di gaet bule! weww!

Image

ohh Jogja..

pertama kali aku ke jogja tahun 1999 bareng ma dewi, een teman yang sama-sama buta tentang Jogja, dan kita dapat penginapan seharga 27ribu..

balik lagi ke jogja tahun 2000 bareng ma abang pian dapet penginapan 33ribu..

tahun 2012 aku balik lagi ke jogja dan dapet penginapan GRATIS alias numpang di kosannya eteii, hehehe..

malioboro selalu jadi tujuan utama wisatawan lokal maupun luar selain candi borobudur

seingat aku nggak ada angkutan umum di dalam kota, cuman ada ojek dan andong selebihnya kendaraan pribadi..

sarapan soto ayam madura, pake telur ayam yang belum ada cangkangnya, ceker dll cuma sepuluh ribu..

muterin malioboro sehari tiga kali (kayak minum obat)

dari semua gaya makan, diangkringan paling seru (kayak standing party) karena nggak disediain kursi..

souvenir murah cari aja di sepanjang jalan malioboro, tapi harus pinter-pinter milih dan berani nawar, salah-salah harganya bisa nyekek juga.

Kla Project adalah band yang turut mempromosikan malioboro melalui lagu! hingga kini lagu mereka juga tetap melegenda..

makan gudeg ampe ampe eleg bedua eteii cuma 30ribu, nambah nasi, nambah gudeg, nambah ayam kari, nambah minum, nambah krecek..

nyari laki bule juga banyak pilihannya dari yang muda belia sampe yang bangkotan juga ada! tapi belum tentu mereka yang anda cari,, hahahha..

pengen banget bikin tattoo temporer tapi nggak sempat..

jangan harap bisa lenggang kangkung atau bak peragawati saat jalan di jl.malioboro karena pejalan kaki dan kendaraan padat merayap!!

***

Salatiga, 22 Agustus 2012

disalatiga cuma numpang pepsi doank, malam nyampe subuhnya harus udah ke nganjuk!

well, salatiga juga harus dijadikan salah satu tujuan liburan ntarr..

masuk kota salatiga kita disuguhkan pemandangan menggiurkan ‘Gunung Merbabu’..

lereng-lereng gunungnya indah banget, kebun sayur dan buah-buahan memberikan aroma tambahan..

pabrik susu terkenal ada di salatiga

banyak warga negara asing yang tinggal di salatiga karena bekerja di pabrik susu tersebut

sekolah theologia ternama juga ada di slatiga..

kita bakal nemu kampung ambon disini..

dingggiiiiiiinnnnnnnnnnnnn..

***

Nganjuk, 23 Agustus 2013

rumah mas jack! akhirnya,, inilah tujuan liburan aku yang sebenarnya, alasan kuat kenapa aku bela-balain ke jawa adalah ingin ketemu mast jack! aku kenal mas jack di malang, dia teman satu kampus, dulu kami sama-sama terdaftar sebagai warga SOB Malang..

mast jack orangnya asik banget, udah kayak abang sendiri, ingat banget setiap kali dia pulang liburan atau guidein bule keliling indo, kami pasti dibawain oleh-oleh!

setelah 12thn nggak ketemu, mast jack ngajakin kita ngumpul dikampung halamannya nganjuk, semenjak lulus mast jack emang memilih tinggal di belanda ngelanjuti kuliah di bidang kesehatan dan akhirnya menetap disana.

Image

***

arti sahabat

Tak mudah untuk kita hadapi
Perbedaan yang berarti
Tak mudah untuk kita lewati
Rintangan silih berganti
Kau masih berdiri
Kita masih di sini
Tunjukkan pada dunia
Arti sahabat
Kau teman sehati
Kita teman sejati
Hadapilan dunia
Genggam tanganku
Tak mudah untuk kita sadari
Saling mendengarkan hati
Tak mudah untuk kita pahami
Berbagi rasa di hatiKau adalah..Tempatku membagi kisahku
Kau sempurna Jadi bagian hidupku
Apapun kekuranganmu
-nidji-

Image

tempat terindah dalam dunia ini adalah ‘rumah’..

saat berada dimanapun ‘make it ur home’..